Bersama QuBisa, Bersiap Masuk Dunia Kerja

October 25, 2021

Sudah selesai magang ya, Kak? Habis ini ujian, lulus dan mungkin milih kerja. Sudah ada keinginan mau ke mana?

Sepertinya baru kemarin saya gendong bayi si Kakak, jemput di TK, antar ke SMP dan mendaftarkannya ke SMK. Eh sekarang sudah mau lulus sekolah. Keponakan pertama saya sudah punya KTP dan bersiap masuk dunia kerja. Waktu ternyata telah berlalu begitu banyak.

Jadi ingat diri sendiri saat lulus MAN. Di pikiran, setelah sekolah ya melanjutkan pendidikan ke universitas atau mentoknya menikah. Di keluarga saya lulus sekolah ya nikah, jadi Ibu Rumah Tangga. Belajar gak ribet, yang penting lulus dan dapat ijazah.

aplikasi belajar online

Kenyataan berkata lain. Daftar kuliah tidak lolos. Mau daftar ke universitas lain tak ada uang. Akhirnya cari peluang kerja sambil meningkatkan kemampuan apa pun seperti jualan es. Niatnya mengumpulkan cuan agar bisa melanjutkan pendidikan.

Jujur saat pertama kali bersiap masuk dunia kerja, saya hanya punya modal nekat dan ijazah MAN. Anak Madrasah Aliyah itu identik dengan agama. Biasanya kerja tidak jauh-jauh dari Guru Ngaji, TPQ dan lainnya. Ketika melamar dan ditolak, saya belajar gak ribet. Mungkin memang saya kurang cocok di sana.

Aplikasi siap kerja atau Aplikasi belajar online untuk meningkatkan kemampuan? Oh belum ada. Jika mau memang harus ikut kursus offline. Sayangnya keadaan juga belum memungkinkan. Akhirnya saat ada tawaran kerja di showroom mebel, saya langsung mengiyakan.

Setelah dari showroom mebel, saya kemudian bekerja di beberapa tempat. Seperti CV yang menjual produk herbal, magang di tempat desain, berdagang, bantu masak di kantin sekolah, Penjaga Konter, staf logistik sampai nganggur dan memutuskan jadi freelance. Dari itu semua, ternyata masuk dunia kerja memang kudu dipersiapkan. Apa saja ya?

Persiapan yang Perlu Dilakukan untuk Masuk ke Dunia Kerja


cara meningkatkan personal branding

Persiapan masuk dunia kerja yang saya tulis ini berdasarkan pengalaman pribadi ya. Jadi pasti ada yang berbeda tiap orang. Ini dia:

  • Mental
Dulu, isu soal kesehatan mental belum banyak digaungkan. Dalam bekerja pun butuh kesiapan mental karena kita sudah berada di kerasnya dunia. Di rumah kita bisa termehek-mehek minta ke orang tua. Saat kerja dengan orang lain, kita tidak boleh manja. Makanya kudu siapkan jiwa. Tak apa jika lulus sekolah tidak langsung kerja.

  • Menentukan apa yang diinginkan
Setiap orang maunya kerja mudah tapi dapat hasil yang melimpah. Namun dunia tidak seperti itu apalagi tidak lahir dengan sendok perak di mulut. Seperti saya yang awalnya bekerja sekadar mencari uang. Lama kelamaan setelah belajar upskilling dan reskilling, saya menemukan passion sebenarnya dan melakukan apa yang saya suka.

  • Belajar beradaptasi
Selain soal mental, persiapan yang harus kita punya saat masuk dunia kerja adalah adaptasi. Sebisa mungkin kita belajar fleksibel, mengenali diri sendiri, jadi pendengar yang baik, juga mampu kerja sama sebagai tim.

  • Jejaring sosial yang profesional
Cara meningkatkan personal branding bisa kita dapatkan salah satunya dengan jejaring sosial yang profesional. Zaman sekarang serba sosial media. Bisa jadi orang-orang, calon bos kita juga menggunakan sosmed untuk melihat siapa kita. Minimal jejak digital kita bersih dari hal berbau SARA dan lainnya.

  • Pendidikan dan Pengalaman Kerja
Sekarang memang banyak orang yang dulu sekolah apa, kerjanya apa. Enggak jauh sih, saya contohnya. Masuk jurusan IPA, tapi jadi freelance di dunia tulis menulis. Meski begitu, saya tetap berpikir bahwa pendidikan seseorang itu penting adanya untuk persiapan masuk dunia kerja. Pendidikan seperti apa sih?

Menurut saya, seseorang itu paling tidak harus tahu bahkan menguasai 3 pendidikan dasar saat masuk dunia kerja. Pertama adalah Matematika. Kedua Bahasa Indonesia. Dan ketiga Bahasa Inggris. Terasa tidak asing?

Benar. Ini adalah 3 mata pelajaran yang masuk Ujian Nasional zaman dulu. Kalau dipikir-pikir kenapa 3 pelajaran ini? Ya karena 3 hal itu yang paling kita gunakan dalam hidup termasuk bekerja.

Katakanlah Matematika dasar. Kita harus menguasai teori perkalian, pembagian, penjumlahan dan pengurangan. Untuk apa? Ya biar kalau dapat gaji atau uang, kita tahu bagaimana perhitungannya dan tidak dibodohi orang lain.

Untuk bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, ini lebih untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa Indonesia kan nasional. Jadi kita bisa bicara dengan orang dari daerah lain. Jika berkesempatan bekerja sama dengan orang asing, maka bahasa Inggris yang kita gunakan.

Itu dari segi pendidikan. Yang tak kalah penting adalah pengalaman kerja. Dalam hal tertentu, seseorang yang berpengalaman akan lebih diutamakan. Bukan kerja yang seminggu ganti ya, tapi betulan pengalaman minimal 3 bulan.

Saya tidak punya trik khusus cara belajar efektif untuk persiapan masuk dunia kerja. Saat itu betulan otodidak. Lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengetahui cara meningkatkan personal branding dan memulai karir dengan lebih percaya diri?

Berkarir Lebih Percaya Diri Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa


kursus online gratis

Sebelum pandemi, sebenarnya saya sudah mulai mencari tempat kursus bahasa Inggris. Alasannya karena siapa tahu saya berkesempatan untuk jalan-jalan ke luar negeri. Ternyata jadi freelance pun butuh yang namanya berbahasa asing misalnya saat ada tawaran kerja sama. Tinggal di desa, saya tetap harus meng-upgrade diri.

Musim pandemi, akhirnya banyak tempat Kursus online gratis bermunculan termasuk untuk melatih cara belajar efektif Bahasa Inggris. Saya ingin memulai dengan Simple Present Tense, Kelas Pemula, sampai Part of Speech. Cari dong mana aplikasi yang oke dan ketemulah QuBisa.

Apa itu QuBisa?

QuBisa adalah platform belajar online Indonesia untuk pendidikan dan pembelajaran demi meningkatkan ketrampilan diri dan digital. Di sini jenisnya Aplikasi siap kerja gitu. Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan antara lain:

  • Kursus online gratis maupun berbayar
  • Bisa dibuka di website atau aplikasi sehingga bisa belajar di mana saja dan kapan saja
  • Instruktur yang berpengalaman
  • Banyak webinar berkualitas
  • Punya berbagai macam kelas mulai dari Bisnis, Desain, Finance & Accounting, IT & Software, Teaching & Academics, dan lainnya sebagainya

Pengalaman Mengikuti Kelas di Aplikasi belajar online QuBisa


belajar gak ribet

Dari awal saya sudah bilang bahwa saya ingin belajar Bahasa Inggris. Ada kelar gratis juga berbayar dari QuBisa. Tinggal pilih mau yang mana. Masuk kelas, kita akan pre-test terlebih dulu. Setelah dapat hasil, kita bisa mulai membaca materi, belajar dengan video, post-test dan dapat sertifikat.

Yang saya suka di sini, kita bisa belajar sesuai kecepatan diri sendiri. Akses video dan materi pun berlaku seumur hidup baik di website atau aplikasi QuBisa. Mana dapat sertifikat juga.

Aplikasi QuBisa bisa membantu banyak orang untuk belajar ngembangin diri, mengelola personal branding, upgrade berbagai macam ilmu sehingga kita sehingga bisa siap kerja. Pilih Kelas Pengembangan Karir juga bisa bahkan jadi coaching atau mentoring. Belajar gak ribet, tapi dapat ilmu yang melimpah. Jadi bisa upskilling dan reskilling dari apa yang didapat di sana.

upskilling dan reskilling

Ke depannya, mungkin saya akan mengambil kelas selain Bahasa Inggris. Kemarin ada Kelas Bahasa Korea juga. Kan asyik nanti bisa nonton Drakor tanpa nunggu subtitel Indonesia, hahaha. Kamu bisa unduh aplikasi QuBisa di App Store atau Play Store.

Oh iya. QuBisa sedang mengadakan lomba blog lho dari tanggal 20 September - 10 Desember 2021. Buat kamu yang suka nulis, bisa banget ikutan karena lomba terbuka untuk WNI secara umum. Total Hadiahnya 10 Juta Rupiah. Lumayan banget sih buat jajan akhir tahun. Segera cek informasinya di aplikasi atau website QuBisa ya!

Hidup di zaman teknologi dan serba digital, kita harus terus meng-upgrade diri agar tidak ketinggalan. Kita harus mempersiapkan hard skill dan soft skill yang mumpuni agar mampu bersaing di dunia kerja.

Kalian sendiri bagaimana? Punya persiapan apa untuk masuk dunia kerja sesungguhnya? Coba share di kolom komentar ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

23 komentar

  1. Nah, hayoloh yang sudah mau kerja harus pinter-pinter atur ini belaja dari Qubisa, Qubisa memang mantep banget apalagi banyak hal yang bisa dipelajari di sana.

    ReplyDelete
  2. Siap kerja tuh emang jadi incaran perusahaan mana pun.. Gak sedikit perusahaan atau lembaga yang siap bayar mahal untuk SDM yang siap kerja.. Bagus ada Qubisa yang membantu agar siap kerja..

    ReplyDelete
  3. wah ada lomba nlog dari qubisa ya, hadiahnya juga lumayan nih total 10 juta rupiah.., yes hidup di zaman teknologi dan serba digital, kita harus terus meng-upgrade diri agar tidak ketinggalan. Kita harus mempersiapkan hard skill dan soft skill yang mumpuni agar mampu bersaing di dunia kerja.

    ReplyDelete
  4. Akses internet yang tersedia di rumah, atau mungkin paket data yang melimpah di hp. Baiknya ya dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan diri. Ya dengan belajar banyak hal lewat aplikasi Qubisa ini. Kalau skills udah cukup, siap deh masuk dunia kerja.

    ReplyDelete
  5. Senang sekali zaman sekarang ada aplikasi Qubisa yang sangat bermanfaat bagi mereka yang siap2 memasuki dunia kerja. Untuk meningkatkan kemampuan dan keahlian, bisa nih di Qubisa. Sehingga dapat eradaptasi dan belajar lebih spesifik bidang yang diminati dan sesuai kebutuhan.

    ReplyDelete
  6. Yuhuuu, buat yg mau berburu kerja, terwajib nih upgrading skills melalui Qubisa
    Keren banget pilihan kelas dan mentornya ya.

    ReplyDelete
  7. dari lulus sekolah rerata memang gagap masuk ke dunia kerja ya..apalagi kalau sekolahnya bukan kejuruan.Dulu temanku yang sekolah kejuruan ya bisa cepat kerja, kalau sekolah umum ya mesti punya kesiapan bekal lainnya. Maka kalau kini ada aplikasi Qubisa untuk persiapan kerja pasti semua makin mampu menyiapkan dirinya

    ReplyDelete
  8. Asik banget kalau aplikasi QuBisa bisa membantu ya mba. Jadi kita bisa k belajar ngembangin diri, mengelola personal branding, upgrade berbagai macam ilmu. Pas mau kerja, siap deh :)

    ReplyDelete
  9. Dengan aplikasi QuBisa kita bisa meningkatkan pengetahuan dengan mengikuti kursus di sana ya. Pilihan materinya juga beragam

    ReplyDelete
  10. Cucok banget nih QuBISA di saat akhir tahun ajaran, jadinya para fresh graduate bisa tahu tips and tricknya

    ReplyDelete
  11. Makin kesini dipermudah banget ya untuk meningkatkan skill apalagi menyiapkan diri memasuki dunia kerja yanh butuh kemampuan yang mumpuni. Tepat banget kalo pilihannya Aplikasi Qubisa yang bisa menemani kita mengapgrade skill.

    ReplyDelete
  12. Beruntung ya anak-anak jaman sekarang, ada aplikasi yang menyediakan banyak kursus online buat meningkatkan skill. Jadi bekalnya banyak buat persiapan masuk ke dunia kerja

    ReplyDelete
  13. Boleh nih, aku rekomendasikan kepada teman2 yang lagi magang di kantor, supaya nambah skill dan wawasan pakai aplikasi ini aja

    ReplyDelete
  14. Betul mba memasuki dunia kerja memang butuh banget upgrade skill jangan terpaku sama ijazah aja menarik nih qu isa rasanya jadi aplikasi buat pencari kerja biar bisa kebangun kemampuannya

    ReplyDelete
  15. Senang banget semakin banyak aplikasi dan platform yang menyediakan kemudahan kita menghadapi dunia kerja termasuk memberi pelatihan atau kelas online seperti Qubisa

    ReplyDelete
  16. Mbak Jiah pengalamannya keren sekali.
    Memang ada kalanya kerja tu gak hanya ngandelin ijazah ya mbak tapi juga skill atau keterampilan yang bisa membedakan kita dr yang lainnya.
    QuBisa ini bisa membantu kita utk bisa lbh meningkatkan kemampuan sehingga kita jg bisa dapat kerjaan sesuai impian

    ReplyDelete
  17. agar bisa bersaing di dunia kerja, emang harus pubya skill yang mumpuni ya mbak
    caranya bisa asah skill di Qubisa ini

    ReplyDelete
  18. Aplikasi yang bikin kita makin nambah skill dan wawasan ya nih mba
    aku belum coba Qubisa, jadi pengen belajar juga nih di sana. Seru dan bikin asik.

    ReplyDelete
  19. ningkatin keahlian di rumah atau di kantor dengan hepi bener-bener enak pakai qubisa ya. senengnya ada aplikasi yang meningkatkan kompetensi dengan akses di mana saja apalagi banyak yang gratis

    ReplyDelete
  20. aku juga lagi suka ikut kursus-kursus di qubisa nih. banyak banget pilihan kursus dan microlearning dengan tema yang menarik yang pastinya bisa menambah kemampuan sebagai karyawan

    ReplyDelete
  21. Setuju banget kalau mbak naruk mental di bagian pertama. Pokoknya gak ada termehek-mehek lagi minta minta :D, Apalagi yang baru kenal dunia kerja, biar ga kaget ya belajar di Qubisa D

    ReplyDelete
  22. Aplikasi bagus nih mb Jiah. Apalagi buat newbie para fresh graduate. Mereka butuh semacam panduan untuk menghadapi dunia kerja.

    ReplyDelete
  23. persiapkan skill sesuai requirement yang dibutuhkan perusahaan :D

    ReplyDelete