Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Cerita Revisi Data BPJS Kesehatan

Punya pengalaman data berbeda di kartu BPJS dan KTP? Lalu, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Data beda pasti ada yang mengalaminya. Saya sendiri punya data berbeda antara KTP dan Ijazah. Kalau waktu luang, saya mau memperbaiki ini biar administrasi jadi mudah. Btw, beberapa waktu lalu saya sempat bantu Adiknya Kakak Ipar untuk merevisi data BPJS-nya. Ternyata antara KTP dan kartunya punya alamat yang berbeda.

revisi data bpjs kesehatan secara online

Awalnya Adik Kakak Ipar datang ke rumah dan minta tolong untuk diantar ke kantor BPJS Kesehatan. Ceritanya istrinya ini sakit dan dirawat di puskesmas Kecamatan. Setelah masuk administrasi, ternyata data alamatnya berbeda dan diminta untuk revisi. Lumayan lah perjalanan dari Mayong ke Jepara.

Setelah saya kasih tahu kantornya, Kakak Ipar sama Adiknya ini ke sana. Eh ternyata tidak membuahkan hasil. Sekarang ini, sejak pandemi semua serba online dan Adik Kakak Ipar ini diminta untuk melakukannya lewat PANDAWA.

PANDAWA itu kepanjangan dari Pelayanan Administrasi Melalui WA. Berhubung ponselnya lama dan orangnya gagap teknologi sementara anaknya kerja dan menantu ada bayi, jadi Kakak Ipar sekalian mengajak saya ke Puskesmas untuk membantu merevisi data BPJS Kesehatan tersebut.

Revisi Data BPJS Kesehatan Lewat PANDAWA


Singkat cerita, saya sampai di Puskesmas Mayong. Kondisi Adik Kakak Ipar yang sakit terlihat lebih baik meski ya masih pucat. Setelah meminjam ponsel menantunya yang lebih canggih, saya baca-baca tentang Pelayanan Administrasi Melalui WA ini.

revisi data bpjs kesehatan lewat pandawa

  • Pertama, saya mengirim chat ke nomor WA yang tertera untuk pendaftaran. Nomor yang kita gunakan baiknya punya sendiri atau keluarga agar lebih mudah jika dihubungi. Nomor WA PANDAWA tiap daerah itu berbeda ya
  • Kedua, PANDAWA mengirimkan pesan di mana ada link yang harus kita isi dan apa yang akan kita revisi
  • Ketiga, PANDAWA akan menghubungi kita dengan nomor yang berbeda, diambil dari yang terdekat dengan domisili. Jadi harus menunggu, jangan ditinggal-tinggal
  • Keempat, kita ditanya keperluannya apa, semacam memastikan dengan apa yang sudah kita isi sebelumnya. Lalu kita diminta untuk mengirimkan foto KK, swafoto dengan KTP, dan lainnya
  • Kelima, kita diminta isi data yang direvisi
  • Keenam, chat ke PANDAWA dengan kata SELESAI

Kurang lebih alurnya seperti itu saat Revisi Data BPJS Kesehatan Lewat PANDAWA. Kita diminta untuk menunggu maksimal 24 jam dari pengajuan. Oh iya, untuk tiap chat WA, kita harus merespon segera atau maksimal 30 menit. Jika lewat, maka harus mendaftar ulang.

Oh iya, pelayanan di PANDAWA ini tidak hanya soal identitas, tapi juga pengurangan dan penambahan anggota keluarga, perubahan kelas dan dokter atau klinik, pendaftaran peserta dan lain sebagainya. Selain lewat WA, kita juga bisa dapat pelayanan dari Care Center atau Mobile JKN. Lewat aplikasi malah lebih mudah dan jadi tahu cara cek tagihan bpjs kesehatan online

Buat yang sering dan terbiasa dengan teknologi serta internet, layanan online ini jelas sangat membantu. Tak perlu antri di kantor cabang dan tinggal melakukannya di mana saja. Cetak dan kirim kartu juga bisa dan pasti sampai rumah. Yang ponselnya tidak canggih-canggih amat asal ada WA, bisa pakai PANDAWA. Praktis tinggal chat dan ikuti instruksinya saja.

Well, itu dia Cerita Revisi Data BPJS Kesehatan Melalui PANDAWA. No ribet club-club deh. Paling PR-nya itu mengkondisikan si sakit untuk swafoto dengan KTPnya. Semoga sih pas kita revisi dalam keadaan sehat, hehehe.

Kalian sendiri bagaimana? Ada yang punya pengalaman serupa? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

24 comments

  1. Soal BPJS jadi ingat yang sering terjadi itu, orang baru buat BPJS saat penyakitnya udah parah. Hehe, ternyata BPJS juga bisa direvisi, mantep. Terima kasih infonya.

    ReplyDelete
  2. Enak ya kalau bisa lewat online gini, apalagi cukup pakai wa saja. Soalnya kalau mesti ke kantornya bisa makan banyak waktu. Saya sering lewat kantor BPJS Malang, kayaknya nggak pernah sepi deh, parkir sepeda motornya aja sampai ke bahu jalan. Kebayang antrinya kalau ngurus berkas ke situ

    ReplyDelete

  3. Oh..bisa lewat aplikasi to sekarang. Enak, nggak usah antri,,
    Aku pernah revisi KTP yang typo mba.. Klo BPJS kayaknya udah bener. Di bank, ada juga yang typo ..nanti aku urus sekalian ganti kartu ATM..

    ReplyDelete
  4. Laah ini kejadian banget sama suamiku, tapi bukan alamat sih NIK nya yang beda anatara di KTP dan BPJS tapi belum sempet dibenerin sih, harus segera kayaknya. Makasih infonya yah Jiaaah, nanti kasih tahu suami aku deh

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata praktis dan mudah ya mba.
    aku kayaknya mau coba utk ubah Faskes 1
    bisa pakai online gini ya
    sip sip markosip

    ReplyDelete
  6. Aku juga pernah merevisi data BPJS anggota keluarga.Awalnya aku datang ke kantor BPJS.Saat itu pandemi sedang tinggi-tingginya.Jadi BPJS tidak ada layanan tatap muka. Solusinya dengan PANDAWA itu.Cepat dan praktis

    ReplyDelete
  7. Eh Pandawa ini malah baru saya tahu lho. Tapi sekiranya mempermudah urusan kita sudah sangat bersyukur banget ya. Kadang daripada ngurus secara manual dimana birokrasi malah makin menyulitkan apalagi untuk orang awam seperti saya ini. Terimakasih informasinya Mbak

    ReplyDelete
  8. Untung bisa revisi melalu PANDAWA ini ya mak, jadi lebih mudah sebenarnya walau awalnya perjuangan dulu setidaknya membuahkan hasil ya. Bisa sekalian juga nih ku kasih tau ke keluarga.

    ReplyDelete
  9. Baru beberapa bulan kebelakang revisi juga nih, tapi bapake yang ngurusin dan memang mudah banget katanya, ga pake ribet. Bener2 nih Pandawa membantu banget yaa Jiaah.

    ReplyDelete
  10. Aku pernah gunakan saat ubah data klinik papaku. Aku awal kuatir agak susah eh teeyata mudah sekali dan mereka sangat ngebantu banget

    ReplyDelete
  11. Nggak seribet yang dibayangkan ya ternyata. Kalau aku dulu pernah punya pengalaman di BPJS ketenagakerjaan, data namanya berbeda dengan KTP pdhl data lainnya udah sama. Taunya gara-gara HRD kantorku dulu yang salah kasih info nama. Hadeeh. Tapi akhirnya bisa cair juga setelah resign dari sana.

    ReplyDelete
  12. Boleh ulasan ini nanti saya kasih ke temanku karena dia suruh istrinya untuk survey. BPJS sangat bermanfaat sekali jadi kalau ada masalah segera urus jangan menunggu sakit kak

    ReplyDelete
  13. Waah baru tau afa PANDAWA. Taunya aku mobile JKN soalnya dulu pernah ganti faskes 1 pakai mobile JKN aja. Meski jarang dipakai sih BPJS nya soalnya seringnya pakai asuransi kantor

    ReplyDelete
  14. Biasanya yang urusannya sama administrasi itu suka lama dan ribet ya. Ternyata nggak selalu seperti itu ya. Buktinya BPJS ini mudah.

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah ya, akhirnya tidak kata ribeut lagi untuk ganti atau revisi data BPJS karena ada Pandawa ya mbak. semoga kemudahan dan kerapian data ini akan memberikan dampak semakin baiknya layanan administrasi BPJS

    ReplyDelete
  16. Jadi mudah yaa..dengan aplikasi PANDAWA.
    Semua dibenerin via online dan gercep.
    Andaikan kalau layanan kartu-kartu lainnya bisa menggunakan aplikasi PANDAWA, pasti jadi lebih nyaman.

    ReplyDelete
  17. Jadi kalo revisi sekarang bisa lewat aplikasi Pandawa? Berlaku untuk semua ga ya? Males juga kalo revisi suka diminta ke cabang kan soalnya.

    ReplyDelete
  18. Kalo aku dulu pernah mengubah pilihan faskes karena serumah tuh aku beda sendiri. Kan nggak asik ya, jadi akhirnya ngurus di aplikasinya BPJS. Kalo Pendawa ini belum pernah nyoba tapi bisa nih disimpan dulu untuk nanti kalo pas butuh revisi data

    ReplyDelete
  19. Makasih infonya. Ternyata mudah ya revisi data BPJS Kesehatan lewat PANDAWA. Enggak repot urus sana-sini jadinya

    ReplyDelete
  20. Iya, aku seneng banget nih, sejak ada aplikasi Pendawa jadi gampang banget. Biasanya antri di kantor BPJS itu bikin senewen dan bene2 harus meluangkan waktu seharian. Sekarang tinggal ketak-ketik, gampang.

    ReplyDelete
  21. Hihi kalau di atas 30 menit harus diulang ya mbak? Gapapalah setidaknya udah ada layanan online daripada ga ada sama sekali kan ya. Alhamdulillah

    ReplyDelete
  22. Wah bisa ya revisi data BPJS. Alhamdulillah sih dulu waktu ngisi hati-hati banget jadinya bener. Cuma ini, aku kepengen daftar nih buat anak ke-4. Anak-anak yang punya BPJS baru 3. Bisa Aku males ngantri ke sananya. Bisa gak ya lewat aplikasi juga? :D

    ReplyDelete
  23. Wah bisa direvisi yah data nya, jadi kalau ada kesalahan data bisa revisi, ga ribetjuga yah. Semoga BPJS ini makin baik

    ReplyDelete
  24. Untung sekarang bisa online ya jadi nggak antri, apalagi kondisi pandemi kayak gini stres kalau sampai antri. Aku isi data agak ngeri jadi harus pelan-pelan, biar nggak revisi data

    ReplyDelete