Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Iritasi Kulit Bayi? Oh No! Ini Dia Penyebab Dan Cara Mencegahnya

Punya anak, atau anggota keluarga yang baru lahir pasti ada cerita tersendiri. Kita jadi banyak belajar termasuk soal cara mengatasi iritasi pada wajah bayi. Apakah kalian juga mengalaminya?

Hampir 17 bulan yang lalu, Keponakan saya yang ke-5 lahir. Sedikit cerita sudah saya sampaikan di postingan Sudah Setahun. Karena bayi ini memang anak percontohan, jadi banyak hal baru yang saya dan Ibunya lakukan karena Mbak terakhir melahirkan itu tahun 2012.

penyebab iritasi kulit bayi

Menjadi anak ke-3, Mbak tidak melakukan banyak persiapan seperti anak pertama. Baju Bayi dapat lungsuran. Paling beli 1-2 saja sih. Lalu beli ember dan lainnya untuk mandi. Yang tak kalah penting adalah Minyak Telon, Sabun, Shampoo, dan juga bedak bayi.

Sebenarnya beberapa tahun terakhir bedak bayi sudah jarang digunakan karena dikhawatirkan partikelnya terhirup sehingga mengganggu pernapasan si kecil. Namun masih banyak bedak bayi yang oke, pun sekarang Ibu-ibu sudah paham pemakaian yang benar itu bagaimana.

Ternyata, kulit anak memang sensitif sekali. Waktu Keponakan masih 1-2 bulanan, dia mengalami iritasi kulit bayi. Penyebabnya adalah bedak yang kurang cocok. Jadi ada bedak khusus untuk new born dan saya tidak paham itu.

Sebenarnya ada beberapa sebab ruam bayi selain produk perawatan yang tidak cocok. Iritasi kulit pada bayi bisa terjadi karena terlalu lama memakai popok sekali pakai. Deterjen dan pewangi buat cuci baju bayi juga memengaruhi. Dan yang tak kalah penting dan wajib kita perhatian adalah apakah keluarga punya riwayat alergi sehingga menurun pada bayi.

Iritasi Kulit Bayi bisa terjadi di bagian mana saja tergantung ada penyebabnya. Dulu keponakan mengalami iritasi wajah bayi dan badan karena bedak. Pernah juga kemerahan di bagian atas bokong karena popok sekali pakai. Yang pasti, iritasi kulit bayi membuat anak tidak nyaman karena gatal dan lainnya. Jadi mereka akan rewel. lalu, apa yang bisa kita lakukan untuk mencegahnya?

Tips Mencegah Iritasi Pada Kulit Bayi


tips mencegah iritasi pada kulit bayi

Kenyamanan anak itu sangat penting untuk membantu tumbuh kembangnya dengan baik. Rutinitas dan produk yang tepat jadi cara untuk mencegah iritasi pada kulit bayi. Ini dia:

  • Mandikan bayi di air hangat. Untuk new born, sehari sekali cukup. Di sore hari bisa sibin atau membasuh badan dengan air hangat atau tisu basah
  • Keringkan kulit bayi dan oleskan pelembab
  • Pastikan menggunakan produk bayi yang aman, lembut, tidak mengandung wewangian dan sesuai dengan kebutuhan bayi
  • Pilih detergen dan pewangi khusus untuk mencuci baju bayi
  • Ganti popok secara berkala
  • Pilih pakaian bayi dengan bahan yang lembut seperti katun
  • Jaga lingkungan agar tetap sejuk dan bersih
  • Jika keluar ruangan, sebaiknya pakai payung atau topi

Semoga tips ini bisa membantu merawat kulit bayi yang sensitif. Oh iya, orang zaman dulu biasanya membalurkan daun-daunan atau minyak. Sekarang sebaiknya dihindari karena kondisi iritasi tiap anak berbeda-beda. Pengobatan alami belum tentu cocok untuk semua bayi.

Jika sudah melakukan tips di atas tapi masih mengalami ruam kulit bayi, maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Sejauh ini, Keponakan alhamdulillah aman, tidak sampai serius banget. Adalah ruam karena hal-hal yang saya ceritakan di atas. Namun segera memudar dan perlahan hilang.

Kalian sendiri bagaimana? Ada cerita tentang iritasi kulit bayi? Punya tips tambahan untuk mencegahnya? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

8 comments

  1. Iritasi itu memang harus dicegah, kasihan kalau si kecil sampai sakit karena iritasi apalagi kulitnya yang masih sensitif.

    ReplyDelete
  2. Bener banget nih mbak sebagai orangtua kita memang harus teliti dalam memilih produk-produk yang akan kita berikan kepada sikecil supaya tetap aman dan nyaman ketika dipakai sikecil.

    ReplyDelete
  3. iritasi ini masalah penting dong. Palagi kalau sampe parah, bisa rewel dan ngga bisa tidur. Perlu penangangan tepat dan kudu bener penanganannya sih ya

    ReplyDelete
  4. Bayi punya kulit sensitif dan mudah iritasi - jika jenis kulitnya begitu. Makanya ga perlu menunggu anak iritasi, pakai produk yang aman aja deh dan anti-iritasi. Kalau sudah kena tu kasihan banget bayinya.

    ReplyDelete
  5. aku suka ciumi wangi bedak bayi mbak, soalnya seger bener. Padahal ada bayi yang nggak cocok dengan bedak.
    sebagai orang tua kudu peka ya mbak, untuk bisa tahu si anak ini alergi sama hal-hal apa. karena kadang aku temui, ada orang tua yang kurang peka kalau si anak alergi susu sapi misalnya.

    ReplyDelete
  6. Bayi yang kulitnya super lembut ini memang kudu disayang-sayang banget merawatnya. Orangtuanya kudu gercep kalau sudah ada sign bayi rewel.
    Pasti jadi panduan banget nih, Jia..tulisannya sangat informatif.

    ReplyDelete
  7. Bener banget.. kulit bayi tuh emang sensitif banget. Dan tiap anak seringkali beda penanganannya. Anakku yg kedua pernah wajahnya bintik-bintik berair banyakkk gitu. Ngeri sih. Tapi alhamdulillah bisa diobati dan sekarang malah paling mulus wajahnya :)

    ReplyDelete
  8. Kulit bayi yang halus memang sensitif kita harus emnjaganya dengan prooduk yang aman dan nyaman baginya. Penyebab dan cara penanganannya juga perlu kita ketahui.

    ReplyDelete