Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Tip Dasar Menjaga Kesehatan

Assalamualaikum
Bagaimana kabar Saudara yang di Jawa? Kira-kira masih ingat dengan yang sedang berada di perantauan?

Sebuah chat WhatsApp masuk ke ponsel saya. Pertanyaan sederhana, mungkin sedikit rasa peduli, tapi saya abaikan. Nomor itu asing dan masuknya ke nomor baru yang saya pakai. Alasan lain adalah, saya tidak punya saudara yang merantau. Tidak memedulikan adalah pilihan yang tepat.

Sebenarnya kata merantau itu tidak asing di telinga. Di keluarga inti saya itu tidak ada yang merantau ke kota lain atau jauh luar pulau. Prinsipnya itu Mangan ora mangan kumpul. Ini merupakan filosofi dalam kehidupan masyarakat Jawa tentang prinsip gotong royong dan tenggang rasa tiap anggota keluarga yang mengutamakan berkumpul daripada sekadar perut kenyang.

Apa sih alasan orang merantau?

 

tips jaga kesehatan

Biasanya alasan utama mereka karena pekerjaan dan uang. Jika pelajar, tentunya agar mendapatkan pendidikan yang lebih baik, fasilitas lebih lengkap jika berada di luar.

Saya belum berpengalaman merantau sampai yang jauh sekali, tapi saya pernah tidak tinggal di rumah. Mau tak mau, saya harus belajar mandiri mulai dari mengelola keuangan, menjaga makanan, juga kesehatan. Beberapa kali saya juga terserang penyakit. Memang enggak sampai rawat inap, tapi tetap saja sakit saat jauh dari rumah itu kurang menyenangkan.

Awal Ramadan lalu, ada saudara saya yang meninggal dunia karena Tumor Otak. Kalau dihitung dari waktu kepulangan, kemungkinan dia sakit saat berada di perantauan. Gejala sudah ada, tapi mungkin tidak dirasa karena harus bekerja demi orang di rumah. Sayangnya, penyakit itu ketahuan saat sudah parah. Dia pun berpulang.

Cerita lain juga datang tentang orang yang sakit saat merantau dan akhirnya pulang dalam keadaan parah bahkan meninggal. Sedih enggak sih? Jelas. Makanya saya pun merasa bahwa kesehatan itu wajib diutamakan di manapun, kapan pun, mau ada di perantauan atau tidak.

Hal-hal Dasar Yang Bisa Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan



  • Atur waktu istirahat dan tidur. Setiap orang butuh hal ini karena berpengaruh pada produktivitas, kestabilan emosi, kesehatan otak, kesehatan jantung, fungsi imun tubuh, kreativitas, vitalitas, dan lainnya. Jangan memaksakan diri untuk terus terjaga dan kehilangan kualitas tidur. Siklus tidur yang berantakan memiliki risiko terhadap timbulnya berbagai macam penyakit
  • Makan makanan bergizi, sehat dan seimbang. Berada di perantauan biasanya membuat orang makan dengan asal-asalan. Lebih parah karena mengonsumsi makanan cepat saji dan banyak gula. Karena alasan ini, tak jarang penyakit bermunculan
  • Gerakkan badan dengan olahraga ringan. Bisa dengan jalan kaki setiap hari saat pulang atau pergi kerja sebelum naik kendaraan umum
  • Kelola stres. Masalah stres, kesehatan mental ini perlu diperhatikan. Saya pribadi masih berusaha untuk mengelolanya. Ada baiknya untuk mengenali trigger yang kerap jadi pemicu stres di diri kita. Konsultasi pada ahli jika memang perlu
  • Asuransi Kesehatan ini penting. Jika ada masalah medis tertentu apalagi sedang berada jauh dengan keluarga, asuransi ini akan sangat membantu untuk mengkover biaya. Kita tinggal fokus dengan premi dan juga pemulihan. Hati dan pikiran pun lebih tenang. Jika memungkinkan, pilih Asuransi Kesehatan Keluarga. Jadi yang dapat manfaatnya bukan hanya kita, tapi semua anggota keluarga

Begitulah Tip Dasar Menjaga Kesehatan dari saya. Mari lebih mencintai diri sendiri dengan memerhatikan kesehatan fisik juga mental. Kuncinya memang konsisten. Hidup sekali. Kerja perlu, tapi jangan mengabaikan kesehatan juga. Kan enggak lucu jika kita bekerja keras bagai kuda, tapi tidak menikmatinya di masa tua. Bukan begitu?

Sampai jumpa. Happy blogging!

12 comments

Anisa AE said...

Semakin ke sini semakin sadar pentingnya kesehatan apalagi di tengah pandemi dan cuaca ekstrim kayak gini perlu jaga banget kesehatan. Nah, mantep ini tipsnya, terima kasih!

Rindang Yuliani said...

Bener bener menjaga kesehatan fisik dan mental harus dilakukan sedini mungkin agar kehidupan kita lebih nyaman. Cara2 di atas dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari2.

nurul rahma said...

Pandemi ini mengajarkn bahwa Health is The ultimate wealth

terwajib banget ya mbaaa, jaga kesehatan dgn seoptimal mungkin

Mita Oktavia said...

Aku baru banget tau prinsip itu. Soalnya kayak udah terkenal kalau orang jawa itu pasti suka merantau, tapi ternyata gak semuanya ya. Ilmu baru juga buat aku nih.

Aku juga pernah sih ngekos, tapi aku juga gak yakin itu bisa disebut merantau karena aku pulang tiap jumat dan balik lagi senin ke kosanšŸ¤£

Cuma memang menjaga kesehatan ini betulan penting kalo tinggal sendiri dan jauh dari keluarga. Sebisa mungkin menjaga diri.

Kupernah sakit pas ngekos dan gak enak banget emang rasanya, cumanbisa tiduran aja. Pas aku bilang ke ortu akhirnya ortu malah nyuruh pulang. Khawatir kali ya. Untung waktu itu bisa izin sakit ke kantor.

Eni Rahayu said...

Pandemi kemarin mengajarkan kita akan pentingnya menjaga kesehatan yaa.Tips dasar diatas tadi bisa jadi salah satu ikhtiar kita menjaga kesehatan tubuh nih

Ruli Retno said...

Aku uda mulai skrg bs ngatur istirahat, kalo dulu begadang hajar terosss gak kenal waktu. Kalo skrg mulai di batasi pokoknya jam 12 bobo. Untuk poin yg lain insyaallah sih udah aman

Rudi said...

Nah atur waktu tidur tuh gampang gampang sulit buatku, apalgi kemarin nemu drakor yang sayan dilewatkan. Karena penasaran, kadang sampe kebablasan hehe. Ya diimbangi dengan olahraga kayak sepedaan dan makanan bergizi, semoga sehat terus. Makasih tipsnya, Jiah!

Nyi Penengah said...

Terima kasih reminder nya mba Jiah. Allhamdulilah ya kalau bisa menjaga kesehatan ini luar biasa bahagianya, semoga kita semua jauhjauh dari penyakit amiin

Diah Kusumastuti said...

Iya setuju banget, kerja keras itu perlu, tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan. Kesehatan harus bener-bener dijaga, apalagi jika sedang musim orang sakit atau bahkan pandemi seperti yang masih berlangsung meski sudah mereda ini.

Oky Maulana said...

Sejak pandemi aku jadi paham yang namanya mental health, inget banget awal awal pandemi hobi aku nangis wkwkwk

Syarifani said...

Waktu tidur ini pengaruh banget mba, sekalinya begadang badan jadi ngga fresh terus muncul jerawat.
Pagi bawaannya ngantuk dan gampang masuk angin, kena radang, dsb.
Jadi bener kata bang Haji Toma, Jangan Begadang kalau tak ada artinya

ruziana said...

Bener banget. Kesehatan itu paling penting. Saya sendiri merasakannya. Dengan kondisi kesehatan yg bermasalah saat ini benar3 membuat sy makin peduli dgn kesehatan