Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Betadine Antiseptic Solution, Pertolongan Pertama Saat Luka

Brak! Bukan satu dua kali suara seperti itu datang. Yang di dalam rumah mulai berhamburan mengecek apa yang terjadi. Kecelakaan. Begitulah risiko ketika tinggal di area depan jalan raya.

Punya rumah atau tinggal di dekat jalan raya itu ada enak dan tidaknya. Bagusnya pertama adalah soal akses yang lebih mudah. Dulu waktu masih sekolah dan naik angkutan umum, saat berhenti saya tinggal jalan. Pun ketika ada paket atau pesanan online. Tidak terlalu drama soal titik pengantaran. Hal lain selanjutnya adalah soal keramaian. Jika mau buka usaha, depan jalan akan jadi lokasi yang strategis.

betadine antiseptic solution pertolongan pertama saat luka

Itu tadi soal enaknya ya. Tidak enaknya juga ada. Pertama pasti berisik dengan suara lalu lalang kendaraan. Jujur sampai sekarang pun saya masih suka sebal, tapi ya sadar diri. Jika mau suasana tenang, berarti saya harus tinggal di hutan. Hal kurang menyenangkan lainnya adalah soal kecelakaan di jalan. Tidak sering, tapi sesekali ada saja pengendara yang terjatuh dari motornya dan lainnya.

Daerah depan rumah itu jalannya lurus setelah turunan. Kadang pengendara terlena, kurang waspada. Almarhumah Mbah saya saja pernah terserempet motor sampai tangannya patah. Terakhir kemarin ada motor yang entah mengapa masuk ke kolong mobil. Alhamdulillah tidak serius dan mobil juga langsung berhenti.

Jujur sebenarnya saya sedikit takut saat ada kecelakaan seperti itu. Pernah ketika saya sedang menyiram tanaman dan berbalik, tiba-tiba kejadian dong. Saya membeku sesaat lalu kemudian bisa berteriak minta tolong. Beberapa menit setelahnya, saya baru berani mendekat. Biasanya saya lari dulu ke rumah untuk mengambil Betadine.

Saya bukan ahli medis. Namun saya berusaha mengingat soal metode pertolongan pada korban kecelakaan lalu lintas dengan prinsip DRSABC, yaitu Danger, Response, Shout, Airway, Breathing, and Circulation. Kita tidak bisa asal karena niat baik kadang bisa salah. Apa saja DRSABC itu?

pertolongan kecelakaan dengan prinsip drsabc

D untuk danger. Kita harus memastikan lokasi dan kondisi yang tidak berbahaya. Misalnya jatuh di tengah jalan, maka kita bantu pinggirkan. Jangan lupa untuk memberhentikan kendaraan sekitar atau yang sedang lewat. Lalu saat mengangkat korban, tidak boleh menekuk atau menggeser leher korban. Khawatirnya nanti ada cedera dan lainnya.

R untuk response. Kita wajib memeriksa tingkat kesadaran korban dengan cara menepuk bahunya dan lainnya. Lalu S untuk shout for help. Kita harus segera menghubungi bantuan medis. Kalau di kampung saya biasanya langsung gas ke rumah sakit atau klinik terdekat supaya korban bisa diberi pertolongan lanjutan.

A untuk airway. Ini dilakukan untuk membuka jalan napas. Lalu kemudian B untuk breathing. Setelah jalan napas terbuka, pastikan korban benar-benar masih bernapas. C untuk compression. Ini adalah kompresi dada atau CPR yang dilakukan jika tanda pernapasan korban tidak ada atau nadi berhenti. Bagian ABC dilakukan oleh orang yang memang ahli atau tahu soal medis. Saya orang biasa, jelas tidak bisa melakukan hal ini.

Alhamdulillah sejauh ini belum ada kecelakaan fatal. Tempat tinggal memang depan jalan raya, tapi jalan perkampungan, bukan jalan kota yang dilewati kendaraan besar. Jadi paling memberikan bantuan kecil pada korban sebelum dijemput keluarga atau saudara.

Betadine Antiseptic Solution Untuk Luka


pengalaman menggunakan betadine antiseptic solution

Sebenarnya di rumah saya selalu sedia Betadine Antiseptic Solution untuk pertolongan pertama saat mengalami luka kecil. Seperti jatuh atau terkena pisau saat masak. Jadi bukan khusus nungguin kecelakaan. Ya amit-amit, semoga selalu aman.

Saya lupa kapan tepatnya mulai memakai Betadine. Yang jelas, Antiseptik untuk membunuh kuman penyebab infeksi yang mengandung Povidone-Iodine 10% w/v ini dipercaya oleh Masyarakat dan Tenaga Kesehatan di seluruh dunia selama lebih dari 50 tahun. Jadi bukan anak kemarin sore ya.

Cara menggunakan Betadine Antiseptic Solution juga terbilang mudah. Pertama dengan membersihkan luka dari kotoran, benda asing dengan air bersih. Pakai Betadine di luka kemudian tutup agar terlindungi. Begitu saja sih, beres.

Sajauh ini, saya cocok dengan produk dari Betadine. Produk pilihannya juga banyak seperti Betadine Antiseptic Solution, salep atau plester untuk luka. Ada juga untuk perawatan kewanitaan seperti Feminine Wash. Bahkan ada juga Mouthwash, Antiseptik rongga mulut dan mengatasi permasalahan bau mulut, sariawan dan lainnya. Tinggal pilih mana deh sesuai kebutuhan kita. Cek selengkapnya di https://betadine.co.id/.

Ya begitu saja cerita soal Betadine Antiseptic Solution sebagai Pertolongan Pertama Saat Luka. Percaya deh, luka sekecil apa pun kudu banget dikasih pertolongan dan dirawat. Saya sudah merasakan tidak nyamannya luka kecil yang jadi besar karena infeksi. Kalian sendiri bagaimana? Punya cerita seperti saya juga? Coba share di kolom komentar ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

18 comments

Rhoshandhayani KT said...

iya, aku punya 2 betadine di rumah. kalau luka, bilangnya bukan obat merah, tapi betadine wkwk

nurul rahma said...

aku sekarang jg tinggal sama ibu mertua di rumah dekat jalan raya.
rameeee buanget, tapi Alhamdulillah disyukuri saja apapun kondisinya
btw, memang terwajib sikkk punya produk Betadine di rumah yak.

Tukang Jalan Jajan said...

kudu banget disiapin di dalam kotak P3K jadi pada saat ada kejadian yang menyebabkan luka luka ngga perlu panik lagi buat nyiapin bantuan kan yaaa

Rudi said...

Baru tahu soal prinsip DRSABC dalam pertolongan korban kecelakaan. Memang mesti sigap seperti itu, walau insiden jatuh ga bisa diremehkan. Betadine memang selalu jadi andalan keluarga kami di rumah, kapan pun tinggal ambil dan kasih ke luka. Apalagi anak-anak udah pasti tahu kebiasaan kalau ada luka otomatis melirik Betadine sebagai pertolongan pertama.

Nyi Penengah said...

Mba pas SMA aku juga kecelakaan di tolong orang yang punya rumah pinggir jalan. Tapi aku tu sobek jadi harus dijahit dilarikan ke bidan. Nah pas dah nikah ini kalau lagi masak pegang piso kena luka sedia betadine selalu di rumah langsung kering

Ruli retno said...

Aku dari dulu stoknya cuma betadine aja memang kalo buat obat luka, plasternya juga pake betadine. Bahkan aku stok 1 lagi yg khusus buat kucing aku, karena kalo ada luka juga betadine bs di andalkan buat kucing. Serba bisa segala luka

lendyagassi said...

Aga horor juga ya, Ji..
Aku juga paling takut sama kecelakaan. Karena dulu zaman kuliah hobi banget jatuh dari motor. Bukan dalam keadaan diam, tentunya.
Dan pernah juga kulit di kakiku sampai ndekik keliatan daging putihnya.

Pertolongan pertama memang kudu siap cairan Betadine Antiseptic Solution. Lalu segera bawa ke rumah sakit terdekat.

Diah Kusumastuti said...

Kami di rumah juga selalu sedia Betadine. Karena bener banget, luka akibat kecelakaan sekecil apapun kudu lekas diatasi. Yang paling sering ya luka jatuh atau kena benda-benda tajam kayak pisau atau gunting, ya. Dikasih Betadine insyaa Allah lekas sembuh :)

Bening Pertiwi said...

wah bener banget ini. meski bukan orang medis, paling enggak, bisa pertolongan pertama, tahu yang harus dilakukan saat keadaan gawat. termasuk harus sedia betadine. di rumah adanya yang versi biasa, saatnya upgrde ini

Happy Hawra said...

betadine adalah kunci. udah nemenin sejak kecil banget ini. solusi pertolongan pertama pada luka *thumbs up*

Hallowulandari said...

betadine antiseptic tuh wajib jadi P3K di rumah yaa, biar klo ada kecelakaan ringan bisa langsung teratasi, apalagi klo punya anak kecil yang suka main ini itu

I. Afrina Putri said...

Lengkap dengan cara penanganannya, sebagai salah satu pemakai betadine sedari dulu banget baru sadar ternyata kini betadine ada kemasan terbaru

April Fatmasari said...

Depan rumah orang tua juga jalan raya, tapi alhamdulillah tidak dan jangan sampai ada kecelakaan, seperti ceritanya Mbak.

Pernah sih terjatuh dari motor atau sepeda di depan rumah, tetapi enggak parah, dan andalan obat lukanya pakai Betadine juga

Arif Abdurahman said...

Emang salah satu item P3K yg harus ada di rumah, bahkan dari antiseptic, plester sampe obat kumur pake Betadine ini.

Kata Nieke said...

Saya selalu sedia Betadine nih di rumah. Tapi baru tau Betadine ada versi antiseptiknya. Coba cek ke minimarket terdekat ah

Ririn Wandes Melalak Cantik said...

Betadine antiseptic ini memang harus banget dibawa kemana-mana sih terutama saat ada perjalanan jauh mengantisipasi jika ada luka juga kan.

Fatimah said...

Kalau punya rumah depan jalan tuh emang sebelnya pasti berisik ya mba. Maunya sih sepi tapi ya sadar diri juga kalau rumahnya dipinggir jalan.

Betul banget Betadine ini emang andalan banget sih kalau lagi luka. Bahkan kalau bepergian kemanapun selalu ingat untuk membawa betadine.

Susi Susindra said...

Betadine memang jadi solusi banget untuk luka ringan sehari-hari. Apalagi kalau punya anak laki-laki kecil yang hobinya berlarian dan kadang jatuh. Huhuhu