Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Pembawa Acara

"Mbak, kamu pernah jadi pembawa acara?"
"Belum..., kan kamu yang pengalaman jadi pembawa acara saat perpisahan PAUD dulu"
"Eh iya,"

Master Of Ceremony, Pembawa Acara atau pranatacara itu merupakan orang yang bertugas sebagai tuan rumah pemimpin sebuah acara. Hari ini Keponakan saya didapuk untuk jadi MC di acara Maulid Nabi di sekolahnya. Acara anak SD, saya pikir tidak seformal seperti acara lainnya. Dia pun dipasangkan dengan salah satu adik kelasnya.

pembawa acara

Dulu waktu perpisahan PAUD (sebenarnya usia TK), dia dan satu temannya diminta untuk jadi Pembawa Acara juga. Saat itu, dia memang jadi anak yang cukup berani tampil. Satu lagi, dia sudah lumayan lancar membaca. Makanya dia pun dipilih.

Saat latihan jadi pembawa acara, saya tidak banyak membantu. Saya hanya mengingatkan soal nada saat membaca teks agar tidak terlalu cepat. Ya mau bagaimana? Saya sendiri tidak berpengalaman jadi MC. Gara-gara ini, saya jadi teringat acara Maulid Nabi saat SD dulu.

Saya lupa, entah di kelas 6 atau 5 SD. Waktu itu, acara Maulid Nabi berlangsung cukup meriah. Ada rebana yang hadir di mana kebanyakan anggotanya adalah anak dari sekolah alias teman seangkatan. Saya sendiri tidak ikut karena sadar diri jika suara saya enggak semerdu penyanyi.

Saya pikir saya bisa berkontribusi juga di acara tersebut dengan jadi pembawa acara. Eh ternyata saya tidak dipilih. Waktu itu ada rasa marah juga sedih. Mungkin Guru tahu bahwa saya memang tidak berbakat dalam hal ini. Jadilah saat acara berlangsung, saya jadi peserta yang malas-malasan. Mohon maaf, anaknya baperan, hahaha.

Apakah saya benar-benar tidak bisa menjadi pembawa acara?
master of ceremony

Sebenarnya bukan perkara bisa atau tidak, tapi mau atau enggak. Ternyata benar pilihan Guru saya, bahwa saya itu anaknya mageran dan public speaking saya memang kurang bagus. Saya pernah belajar, tapi memang sepertinya bukan keahlian saya untuk melakukan hal tersebut. Sekarang saya lebih menikmati jadi peserta saja daripada ribet jadi petugas. Plus bisa kabur duluan sih kalau acaranya membosankan, hehehe.

Untuk sekarang, mungkin tidak dulu. Namun jika suatu hari saya belajar jadi pembawa acara, ya tidak menutup kemungkinan juga sih. Kayanya sih belajar public speaking agar lebih percaya diri ngomong sama orang lain, bukan niat jadi MC.

Kalian sendiri bagaimana? Pernah atau malah sering jadi pembawa acara? Coba share cerita kalian di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

20 comments

Nurul bukanbocahbiasa said...

Aku langganan jadi MC acaara kampung mba 😁😂 trus kapan hari aku ngajari bocils utk ngeMC

Biar variasi, kagak eikeh muluuuu

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Kalau untuk menjadi pembawa acara sudah beberapa kali, memang yang menantang itu jadi pembawa acara untuk anak-anak ya. Karena disini ada bahasa yang tidak bisa disamakan ketika menjadi pembawa acara dengan audience orang dewasa.

Andiyani Achmad said...

menjadi MC memang skill public speaking adalah yang utama dimiliki ya..

Uniek Kaswarganti said...

Pernah sih jadi pembawa acara, pas pengajian di kampung dalam rangka halal bihalal. Udah belasan tahun yang lalu kalik ya hehehe... Grogi banget deh jadi MC tuh. Lebih grogi dibandingin jadi narsum.

Nurul Sufitri said...

Menjadi pembawa acara itu keren banget. Apalagi kalau di ajang acara akbar. Tapi semua dimulai dari nol dulu, misalnya di TK, PAUD. Nanti lama2 naik ke acara RT, RW misalnya. mempelajari public speaking itu penting. Tentu harus ada niat ya, pelan2 aja dulu. Mantap mbak :)

Keke Naima said...

Saya bagian di belakang layar aja, deh. Ketemu banyak orang aja, saya milih diam. Bukan tipe yang banyak bicara, kecuali lewat tulisan hahaha.

Mpo Ratne said...

Jangan suruh Mpo jadi MC yang ada pasti grogi. Pernah belajar MC intonasi suara perlu juga

lendyagassi said...

Aku sampai ikutan kelas Public Speaking, Ji..
Demi kalau ditunjuk dadakan bisa "ngomong" lancar di depan audience. Soalnya dulu pernah ditunjuk jadi ketua Komite Orangtua di sekolah anak-anak.

Trus sekarang jarang dipakai, ambyaarr lagi..
Kayanya aku cocoknya jadi audience aja.

Dee_Arif said...

Hehe jadi MC emang kadang bikin grogi y mbak
Tapi kalau sudah sering, maka akan terbiasa
Karena terus berlatih

Hidayah Sulistyowati said...

Ji, jangan kabur dong, ntar aku nyusulin loh, hahaha
Setuju dengan dirimu, kalo pengen jadi pembawa acara alangkah baiknya belajar public speaking. Jadi membawakan acara bisa lebih menarik, seru kan jadinya

Eri Udiyawati said...

Saya belum pernah jadi MC. Ya gimana saya bisa jadi MC, saya grogian dan pemalu. Tapi, besok-besok kali aja bisa. Hehehe

Lidya Fitrian said...

Wah aku belum pernah jadi MC, bisa nervous nih , tapi harus latihan juga ya Jiah.
Keren udah mencoba jadi MC dejak SD setidaknya ada pengalaman,

Gusti yeni said...

Akuu gak PD maak, public speakingku jg parah tapiiii sukaak sebetulnya tampil di depan umum🤭

Ida Raihan said...

Pernah jadi pembawa acar beberapa kali. Tapi yang paling saya inget adalah pas duet ngan temen terus saya ngomongnya salah. Woah... malu banget.

Idah Ceris said...

Baperaan. hahaha Tapi malah enak jadi peserta, duduk2 cantik, enggak repot, Jiah. Xixixi. Ponakannya pemberani juga, yaa. Baguss buat permulaan.

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak said...

beberapa kali jadi MC dan moderator hehehe. seneng aja kalau mandu acara sekalian belajar juga kan ya

ahardiyanti said...

Pernah gak ya? Hmm..gak pernah deh kayaknya. Pernah sih..tapi acara non formal.. diminta jadi pembawa acara dadakan pas acara perpisahan di kelas si anak bareng wali kelasnya yang pindah tugas.

andyhardiyanti said...

Belum pernah nih kalau acara formal. Pernahnya tuh dadakan diminta jadi pembawa acara di kegiatan perpisahannya anak sama wali kelasnya yang dipindahtugaskan.

Diah Kusumastuti said...

Eh aku juga belum pernah jadi pembawa acara, tapi jadi pengisi acara pernah. Hehe. Dan aku kapok, soalnya gak bisa luwes gitu ngomong di depan anak-anak dan para ortu. Huhu.
Kudu banyak latihan sih yaa.. dan lebih bagus lagi emang ikut kursus public speaking:)

Sri Widiyastuti said...

sering sih masih skala kampung hehe terutama di pengajian pekanan. Alhamdulillah ada tempat untuk belajar membuka acara dan mengelola sebuah acara. cuma kalau acaranya besar, saya masih suka nervous sih hehe kadang juga saya tolak kalau disuruh jadi MC, gak pede