Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Akhirnya TV Analog Mati

Bagaimana kabar kalian setelah TV Analog Mati? Kalau saya alhamdulillah masih hidup ya, hehehe. Saat ini saya lebih memilih keberadaan internet daripada TV.

Jadi Analog Switch Off (ASO) di daerah Semarang dan sekitarnya dimulai sejak 3 Desember 2022. Info tentang beralihnya TV Analog ke Digital ini sudah disosialisasikan sejak setahun lalu. Namun saya sendiri memang tidak mengikuti jadwalnya karena sudah jarang nonton TV. Ada atau tidak, sepertinya enggak jauh berbeda.

Baru beberapa jam dimatikan, Orang-orang sudah pada ribut karena TV-nya semutan. Makin parah karena belum beli STB. Saat ASO, harga set top box langsung naik. Tambah pusing enggak tuh? Kenapa sih harus beralih ke siaran digital?

analog switch off

FYI, Indonesia sudah termasuk yang terlambat dari negara lain soal pengalihan ini. Saat memakai TV Analog, frekuensi yang dipakai cukup banyak sampai 328 MHz. Sebenarnya frekuensi ini buat nyampaiin pesan suara. Karena dipakai untuk menerima gambar, jadinya boros. Beda jika memakai Siaran Digital. Stasiun TV hanya perlu 176 MHz. Yang terpenting, suara dan gambar lebih jelas.

Dasarnya seperti itu. Keuntungan jelas banyak mulai dari percepatan jaringan 5G sampai banyaknya channel yang bisa kita lihat. Dan yang terpenting, kalau ada informasi soal bencana dan lainnya, ini bisa tersampaikan dengan lebih cepat.

Bagaimana dengan di rumah saya sendiri? Apakah sudah beli STB untuk beralih ke Siaran Digital?

Saya belum beli. Nunggu siapa tahu ada gratisan dari Pemerintah, hahaha. Sebenarnya sih karena saat ini harganya masih tinggi. Jadi urung untuk beli. Kalau ditanya kenapa enggak sedia dari kemarin, ya karena memang ada kebutuhan lain yang lebih mendesak daripada beli STB.

Meskipun ASO, orang rumah juga santai. Keponakan yang berusia 25 bulan bukan yang hobi nonton TV. Televisi tuh hanya jadi pengalihan agar dia tidak main ponsel terus. Kalau enggak ada, ya bermain hal lain seperti jualan eskrim-eskriman atau aktivitas fisik di luar rumah.

Kalau orang tua saya sendiri, beberapa bulan ini suka main ponsel untuk nonton Ketoprak atau Wayang di YouTube. Sementara Mbak dan Ibu, saya kasih tahu buat streaming siaran televisi jika memang mau nonton sinetron. Ini paling pas malam saja.

Meski Analog Switch Off, keluarga saya tertolong karena keberadaan Wi-Fi di rumah. Bersyukur banget rasanya karena saat mulai pandemi sudah pasang ini. Buat kerja, belajar online, alhamdulillah lancar jaya. Pokoknya online-online, online-online

Saya kalau ada uang lebih, daripada beli STB mending beli TV Digital sekalian. Bukan sok, tapi karena televisi di rumah juga sudah lama dan beberapa kali diperbaiki. Namun ya itu, nunggu rezeki. Paling tidak, biar salah satu rumah ada TV yang nyala.

Well itu dia cerita soal TV Analog yang akhirnya mati. Bagaimana dengan kalian? Ada yang sudah lama beralih ke siaran digital? Atau masih santai karena lebih memilih keberadaan internet? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

23 comments

diane said...

Peralihan dari Analog ke Digital sebenarnya memang untuk kualitas yang lebih baik ya.. semoga makin banyak yang bisa menikmati TV siaran digital karena ini kan gratis ya meski untuk awalnya perlu beli STB dl

HM Zwan said...

mbakk kok sama ya,ibu mertuaku suka nonton wayang sama ketoprak di outube lho ahahaha. Udah pasang tv analog tapi ya gitu, yang jelas malah saluran yang nggak dikenal di desa. Akhirnya balik ke setelan awal, tv buram..

Lisdha said...

Sebelum pemerintah mau pindahin tv analog ke digital, TV di kampung asalku sudah banyak yg pakai STB (dan parabola). Soalnya, kalau pakai UHF saja kualitasnya kurang bagus. Nggak tahu deh bagi yang nggak pakai parabola, pada mendadak beli STB atau tidak. Kalau di tempat tinggalku, suami tuh yang kemarin sibuk setting antena buat buat dapat siaran digital (yg cuma dipakai buat siaran bulu tangkis atau sepakbola hehehe). Selebihnya, YT di TV lebih meraja :)

Nurul Sufitri said...

Televisi di rumahku alhamdulillaah sudah smart tv dan berlangganan channel2 berbayar sehingga ga dapat efek kesemutan atau gimana2 saat tv analog mati hehehe. Mamahku tuh yang jadinya beli tv baru karena tv lamanya belum digital. Mengikuti perkembangan zaman tentunya ya dan membuat kehidupan semakin indah dan dinikmati.

Bibi Titi Teliti said...

aku udah jarang banget nonton TV dan emang udah males aja deh, jadi sekarang milih untuk berlangganan beberapa platform khusus buat menonton deh mulai Netflix, Viu sampai Disney mulai kepikiran langganan prime video juga hahaha

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) said...

Sekarang kayaknya sudah jarang ya yang pakai analog, tapi dibeberapa daerah masih ada. Karena memang gak semuanya pun bisa punya atau beli. Tapi sekarang sudah lebih enak ya bisa nonton dari youtube, atau tv-tv berbayar.

Nanik nara said...

Saya udah dari 2 minggu yang lalu pasang STB mbak, hehehe.... Awalnya nggak niat juga, tapi pas ke toko elektronik beli blender terus lihat ada STB, ya udah akhirnya merembet tambah beli STB.

Semoga tabungannya segera cukup ya, bisa buat beli TV digital

lendyagassi said...

Sudah lama banget gak nonton TV, Ji..
Rasanya asal nyalain tipi yang ditemuin gak pernah ada yang menarik hati. Begitupun anak-anak masa kini yang gak ngalamin menanti hari Minggu hanya buat nonton Doraemon.

Sekarang Ibuku juga kalo nonton sinetron pake channel youtube gitu,,disetel sama mas. Memang yang gak enak adalah makan kuota ya.. Semoga kuota internet Indonesia bisa semakin terjangkau dan lancar dimanapun berada.

Dee_Arif said...

Aku sudah pasang stb jauh jauh hari
Sekarang harga stb makin mahal mbak
Karena sekarang tv analog beneran mati klo g pakai stb

Lidha Maul said...

Sekian lama gak punya tv, trus beberapa tahun lalu beli layar tv buat dikonekkan ke internet aja. Jadi pas tv analog benar2 henti siaran, gak ada rasanya, biasa aja, pun tak sedih. Huft, padahal dulu tv analog dah jadi best partner.

Nurul bukanbocahbiasa said...

Di rumah, cuman suamiku thok yg demen nonton TV.
Makanya doi antusias nyari STB.
Kyk aku dan anakku demen nonton via internet aja sik

www.grandysofia.com said...

akhirnya kita goodbye ya dengan TV analog, aku pun sejak pandemi datang, akhirnya beralih ke TV Digital dan dengan pakai WiFi rasanya kayak lupa acara TV tuh gimana karena banyak streaming acara2 dan juga film

Ismarlina Mokodompit said...

Setuju mak, dengan peralihan TV analog ke digital ini jadi banyak channel yang bisa dilihat dan kalau ada informasi soal bencana dan lainnya bisa tersampaikan dengan lebih cepat. Ya meskipun harapannya nggak ada bencana yang harus disampaikan secepat itu ya, mak ~

Hidayah Sulistyowati said...

Biasanya yang masih nonton TV itu orang sepuh, kayak ibuku. Sebelum switch off di Semarang, anak sulung ku udah beliin STB dan sekaligus juga dikoneksikan ke TV ibuku. Jadi ya aman aja sih. Kalo di rumah udah pakai smart tv sejak lama, dan memang gak pernah nonton TV, jadi ya gak ngaruh

Ria Fasha said...

aku nggak punya tv di rumah jadi ga terlalu paham hehe
tapi orang tuaku akhirnya beli juga STB karena ibuk doyan banget nonton TV meskipun udah ada hp dan wifi di rumah

Gusti yeni said...

Gak pernah lihat tv maak soale pake paketan firstmedia tv n internet. Tapii tetep sih beliin buat rumah ortu dan mertua supaya bisa lihat tv buat hiburan merrka.

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist said...

Iya nih sempat heboh juga para tetangga karena STB
Banyak yang akhirnya buka jastip demi bisa nonton sinetron kesayangan karena TV analog sudah wassalam

Dewi Rieka said...

Iya, stb tahu-tahu jadi mahal karena banyak permintaan ya lebih baik beli TV digitalnya ya tv ku juga masih Oldies hanya buat nonton Mola, Viu dan Youtube

Istiana Sutanti said...

Kalau aku karena sejak nikah (sudah 11 tahun) memang gak beli TV, jadi gak terlalu terpengaruh karena hal ini nih. Memang beberapa kali sempat kepikiran beli TV, tapi karena mikir belum tentu akan terlalu kepake, ya gak jadi terus deh. Mungkin nanti kalau anak-anak sudah mulai besar ya baru beli TV untuk nonton bersama di rumah, bikin home theatre gitu hihihi

Herva Yulyanti said...

di rumah aku ga pake tv analog mba cuma denger cerita aja temen2 kerja yang rela rogoh dan cari kesana kemari STB demi bisa menonton acara favoritnya

Rina s said...

Salah satu keuntungan tv digital yang saya rasaka kalau abis hujan angin ga perlu puter puter antene hahahah. Siaran tetap jernih

Naqiyyah Syam said...

Wah iya ya mamak di kampung masih suka nonton TV mesti siapin STB ya biar makin jernih ya.

Siti Hairul Dayah/ catatansiemak said...

aku malah udah lama banget ga punya tivi analog, dua tahun lalu memutuskan beli tv smart dan ga pernah dipake buat nonton tv kecuali buat nonton netflix sama tv berbayar aja