Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Mabuk Perjalanan

Traveling pertama kali setelah pandemi. Maunya happy, eh jadi keki karena mabuk perjalanan. Sebenarnya saya agak malu untuk menceritakan ini, tapi kayanya lucu saja kalau dijadikan kenangan.

Kita tentu tahu bahwa pandemi COVID-19 melanda sejak tahun 2020. Terakhir saya bepergian ya Febuari di tahun tersebut. Lalu kemudian hibernasi panjang di rumah saja. Sebenarnya November 2021, saya sempat ke Pati perbatasan Rembang. Namun itu tujuannya bukan ke tempat wisata, tapi ke rumah saudara karena ada khajatan nikah.

Akhir September 2022 kemarin, akhirnya saya bepergian dengan tujuan ziarah dan jalan tipis-tipis. Ini perjalanan pertama saya setelah pandemi. Jadi lumayan excited karena di bulan Agustus sempat gagal lantaran miskomunikasi.

penyebab mabuk perjalanan

Saya perginya dengan Ibu-ibu rombongan PKK memakai bus pariwisata. Tujuannya mulai dari ziarah di Mantingan Jepara. Lanjut ke tempat wisata di Karanganyar. Lalu terakhir ziarah ke Solo kemudian pulang. Berhubung sudah pernah ke daerah tujuan, jadi lebih santai, enggak terlalu kaget badannya. Pikir saya begitu.

Drama Mabuk Perjalan Dimulai

Rencana kumpul itu pukul 03.30 karena ingin solat subuh di Mantingan. Saya pun mulai berbaring jam 11 malam, tapi karena badan sakit gara-gara PMS, jadinya susah tidur. Lalu kemudian tiba-tiba batuk terus menerus sampai napas berbunyi ngik-ngik. Mungkin jam 1 pagi akhirnya baru bisa tidur dan bangun pukul 3 pagi. Kliyengan, hahaha.

Sebelum ke titik kumpul, setelah bersiap saya pun meminum sebutir obat Dramamine Dimenhydrinate. Saya selalu mengandalkan ini saat bepergian agar tidak mual dan muntah. Dari pertama kenal, saya sudah cocok dan terbukti tidak mabuk perjalanan.

Setelah drama menunggu 1-2 orang yang telat, kami pun berangkat pukul 04.00 pagi. Sampai di Masjid Mantingan sudah ramai sekali. Kami pun Solat Subuh berjamaah di sana. Jujur buat saya yang jarang Jamaah Subuh, ini ngasih kesan tersendiri karena bacaannya panjang-panjang. Jadi kalaupun ada yang telat karena antre wudhu, masih bisa dapat 1 rakaat.

ziarah makam sultan hadlirin mantingan

Setelah itu, kami ziarah ke Makam Sultan Hadlirin Mantingan. Ternyata dibukanya pukul 5 pagi. Jadi sebelum masuk, kami menunggu beberapa saat. Kami juga jadi rombongan pertama yang masuk sebelum akhirnya rombongan lain muncul. Kebanyakan dari luar kota.

Sebelum melanjutkan perjalanan, kami sarapan dengan bekal dari rumah masing-masing. Sekitar pukul 06.30, kami mulai berangkat. Perjalanan bisa dibilang lancar saat lewat tol. Kami juga berhenti beberapa kali di SPBU termasuk saat masuk wilayah Karanganyar. Oh iya, di bus niatnya saya tidur, tapi hanya bisa tidur-tidur ayam.

the lawu park

Sebelum Dzuhur, kami sudah sampai di lokasi wisata alam The Lawu Park. Kami diberikan waktu 2 jaman untuk solat, makan, jalan-jalan di sana sebelum melanjutkan perjalanan ke Solo. Cerita agak detailnya, mungkin saya akan buatkan postingan tersendiri.

Sejak awal perjalanan, saya tahu bahwa ada yang kurang beres dengan badan saya. Mulai dari PMS, Batuk, sampai kurang tidur. Dan saat menuju Solo tepatnya ke Makam Pak Harto, saya mulai muntah. Saya pikir Keponakan yang akan mual, eh malah saya. Makan siang yang saya makan, keluar semua ditambah pusing kepala.

astana giribangun

Sampai di Solo, menunggu parkir dan kendaraan, lalu pergi ziarah. Ini juga akan saya buat postingan tersendiri. Setelah istirahat seperti makan dan belanja, kami melanjutkan perjalanan pulang. Dan lagi, saya mual dan muntah. Saya hanya terlelap sebentar setelah lemas. Itu saja masih berlanjut sampai perut benar-benar kosong dan tiba di rumah.

Kalau diingat-ingat, ini betulan lucu. Bisa dibilang agak beruntung karena meski mabuk perjalanan, saya tidak selemas itu. Jadi tetap bisa menikmati saat berada di tempat wisata dan ziarah, bisa makan pula meski akhirnya muntah.

Sudah minum obat kok masih muntah, Ji? Katanya ampuh?

Orang KB saja kadang bisa hamil. Jadi kalau sudah minum obat tapi muntah, ya ini satu kegagalan saja. Perjalanan saya yang lain aman jaya. Mungkin memang karena kondisi badan yang kurang fit. Makanya jadi seperti itu. Terbukti setelah beberapa hari pulang dari wisata, saya kena radang dan ISPA sampai demam segala. Itu saja nunggu seminggu lebih untuk kembali pulih.

Meski di awal perjalanan kembali setelah pandemi mengalami mabuk perjalanan, tentu saya tidak akan kapok. Kalau ada waktu dan tentu saja uang, hayuk jalan. Namun ya itu, harus sadar diri dan lihat kondisi badan. Jadi travelling nyaman, hati pun senang.

Kalian sendiri bagaimana perjalanan pertamanya setelah pandemi? Sangat menikmati atau keki seperti yang saya alami? Coba share di kolom komentar ya. Sampai jumpa. Happy blogging!

32 comments

Farida Pane said...

Aku biasa aja, sih. Mungkin karena sehari-hari jarang keluar dan selama pandemi masih keluar tipis2 karena keperluan. Jadi kaya ga ada bedanya

Ida Raihan said...

Akhirnya ya Kak, bisa kembali menghirup kebebasan setelah terkurung pandemi. Saya dan anak-anak juga beberapa kali mabok kendaraan. Terutama bila badan memang lagi kurang sehat.

Bibi Titi Teliti said...

Setelah pandemi belum sempet travelling yang jauh2 banget sih masih sekitaran Bandung aja, udah gak sabaaar buat jalan2 sih. Aku kalo bepergian gitu selalu bawa obat2an lengkap dengan minyak angin dan obat mabok juga sih hehe.

Nurul Sufitri said...

Alhamdulillaah aku sekeluarga sih ga mabuk selama traveling pertama maupun sesudah pandemi hihihi :D Mungkin harus melakukan pemanasan dulu ya perginya ke tempat wisata yang dekat aja. Setelah itu baru deh destinasi yang jauh. Siapkan obat herbal aja supaya ga eneg atau krim2 aroma lavender dll.

Lintang said...

Orang KB aja bisa hamil. Hhahaha. Trueee. Jadi jangan salahkan yg minum obat mabok tetep muntah. Aku sih alhamdulillah amannnn. Emang suka perjalanan jauh sih. Tapi ttep sangu antimo dan semacamnya buat jaga2

Dennise Sihombing said...

Selama pandemi aku tidak sempat travelling jauh. Tinggal di Depok paling ke Bogor atau Puncak Cipanas. Awalnya dulu aku termasuk suka mabok, parah deh selalu tersedia antimo. Puji Tuhan aneh bin ajaib kok tiba-tiba tidak mabok lagi ya

Herva Yulyanti said...

Setelah pandemi ini paling pulang kampung aja sisanya main sekitaran Bandung belum travelling jauh hahaha

HM Zwan said...

KAlo aku biasa aja Ji, Alhamdulillah nggak pernah mabok..cuma waktu hamil agak beda ya,mual aja gitu..nggak nyaman kalo bepergian pas masa hamil gitu

Rina s said...

Persis dialami anak saya nih, sebelum pandemi kemana2 naik kendaraan ga pernah mabok, eh kemarin cuma ke Jakarta, lemes mual untung ga muntah di mobil.

Rach Alida Bahaweres said...

Jadi ingat 2021 ke Surabaya pertama kali saat pandemi untuk hadiri nikahan sepupu. Berasa capek banget apalagi birokrasi selama pandemi panjang di bandara. Pulang muntah muntah sakit sampe nggak bisa kerja :(

Nurul bukanbocahbiasa said...

Aku dah lamaaaaaa ga pernah piknik yg rombongan pakai bus gini mba.
Dah lupa rasanya
Tapi kdg kalo pas mudik ke Pacitan naik bus, aku ya sering mabok

Istiana Sutanti said...

kayanya perjalanan pertama aku setelah pandemi malah yang road trip ke Bali selama 13 hari deh. lumayan ya ke Bali naik mobil bawa 3 anak, wkwkwk. Alhamdulillah semua sehat.

semoga perjalanan berikutnya sehat terus yaaa mbaakkk :D

Andiyani Achmad said...

aku kadang mabok sih kalo perjalanan darat yang cukup panjang, atau kalo pas naik taksi online trus pewanginya aroma jeruk, auto mual dan bisa 2 hari baru mendingan hahahaha

Gusti yeni said...

Kalau sudah bisa mutah malah cepet sehat dan badan enteng lho mamm...
Anak2ku kalau sakit, doaku bisa mutah krn hbs itu pasti plong...

lendyagassi said...

Kayanya aku tipe yang gak mabukan juga dalam perjalanan.
Biasanya kalau satu kendaraan sama yang mabuk, aku bakalan bantu ngajak ngobrol. Tapi kalau pusing, sebisa mungkin jendela dibuka, biar kena Angin Cendela aja, bukan AC. Bisa tambah mumet, katanya ya...?!?

Dee_Arif said...

Aku sampai sekarang kalau perjalanan jauh selalu minum obat anti mabuk
Nggak kuat klo terlalu lama di jalan

Dian Restu Agustina said...

Aku saat pandemi sudah mudik juga perjalanan jauh, Alhamdulillah lancar jaya Memang ga biasa mabok. Tapi ya itu, mungkin karena Mbak badannya lagi kurang sehat ya jadi tepar di perjalanan

Eri Udiyawati said...

Mbak, aku juga tipe orang yang mabuk perjalanan. Kalau naik bus, lebih dari 2 jam, udah pasti mabuk. 😭😭😭🤣🤣🤣

Gak tahu kenapa, kalau lama di dalam bus perut saya lama-lam mual.

Hidayah Sulistyowati said...

Namanya mabuk meski udah minum obat ya bisa aja tetep mabuk ya Ji. Kayaknya Jiah kurang tidur, kelelahan, plus pms jadi numpuk sih akhirnya mabuk.

Aku selama pandemi tetep pergi meski hanya ke kebun yang sepi, atau camping juga pilih tempat sepi. Tapi excited sih ketika bener bener bisa pergi bareng teman-teman di salah satu tempat wisata, meski tetep jaga prokes karena pandemi belum bener bener usai

www.grandysofia.com said...

aku pernah mabuk saat perjalanan itu kalau belum keisi apa-apa perutnya, itu dulu sih jaman-jaman masih SMP. Memang harus fit dulu badannya biar travelling nyaman yaah. Kalau aku pengalaman pergi-pergi setelah pandemi, jadi agak kaget aja ngeliat orang-orang yang berseliweran hihi

Uniek Kaswarganti said...

Kalau lama ga bepergian, aku juga gampang mabuk perjalanan Ji. Waktu kecil dulu memang aku ratunya mabok hehehee.... dikit2 mabok. Tapi setelah kuliah udah bisa sembuh dengan seringnya pergi kemana2 naik bis.
Sekarang pun terkadang masih kena serangan mabuk perjalanan. Kalau udah nyemil kacang kulit biasanya udah hilang mabuknya. Aneh yaaa obat mabukku. :D

Nia K. Haryanto said...

Aduh mabuk perjalanan, bikin inget masa kecil aja. Ke mana2 aku selalu mabuk kalo naik mobil. Abisnya memang jarang ke mana2. Nah begitu SMA, sekolahnya jauh. Lama2 jadi biasa juga. Tapi sekarang, udah lama gak naik mobil atau bis jauh2, cuma dalam kota. Kayaknya bakal mabuk lagi deh. Wkwkwkwk

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist said...

Habis pandemi rasanya aku ke Solo karena ke Makassar terlalu jauh. Itu membuatku bahagia sekali melakukan perjalanan setelah pandemi

Ima Satrianto | www.tamasyaku.com said...

Kalau pengalaman mamaku dulu saat membiasakan kami jalan darat, perut tidak boleh kosong, minum teh panas diperjalanan, dan bawa minyak biar nyaman.

Akhmad Muhaimin Azzet said...

Meski ada mabuknya, tentunya ini tetap perjalanan yang menyenangkan ya.

Ade UFi said...

Wkwkwkwk... Saya banget nih. Saya ga mempan minum obat2an anti mabok, Mba. Waktu saya kerja di Isat dan harus kerja dr depok ke daan mogot Jakbar, itu luar biasa pengorbanannya. Dah kayak org sakau.. Hahaha.. Mgkn krn harus tiap hari selama 1th, alhamdulillah hilang maboknya. Begitu pandemik, ga pernah naik bus atau taksol, penyakit maboknya kambuh.. Ya Allah tersiksa bener. Bener yaa org KB aja bs kebobolan hamil apalagi obat anti mual biasa.

Irawati Hamid said...

saya alhamdulillah gak pernah mabuk kendaraan baik darat, laut ataupun udara, tapi anakku, Wahyu, penderita mabuk perjalanan. Makanya biasanya agak mikir kalo mau ajak dia jalan-jalan naik kendaraan

Sri Widiyastuti said...

dulu waktu kecil saya tukang mabuk kalau diajak naik bis, jadi setiap jalan-jalan selalu mengalami ketakutan, karena takut muntah di jalan. tapi seiring berjalannya waktu, alhamdulillah saya bisa mengendalikan diri dan gak pernah mabuk perjalanan lagi. memang gak enak jalan-jalan dengan kondisi mabuk perjalanan mbak. bikin mati gaya yaa hehe

Naqiyyah Syam said...

Aku termasuk yang suka mabok kendaraan jadi siap obat dramamin kalau perjalanan jauh. Segala macam minyak kayu putih, tolak angin dll. Plus mana suka begadang kalau mau jalan jauh persiapan banyak bawa .

nitalanaf said...

Mual nih kadang emang tiba2. Entah suasana mobil yg engap karena penuh, hari panas. Saya pernah tiba2 mual kayak gitu juga, untung gak sampe muntah sih.

Sabrina said...

jadi ingat teman saya kalau traveling suka mabuk dna harus membawa obat anti mabuk, tapi pernah juga memang udah minum obat tetap aja mabuk, kasihan pasti lelah banget itu ya rasanya

Diah Alsa said...

tahun lalu waktu ipar nikah dua kali bolak balik ke kampung, gegara kecapekan kali ya pas pulangnya tepar dah, anak-anak juga, diare tapi selama perjalanan sih Alhamdulillah aman gak ada yang mabok padahal lewat darat dan laut juga :)