Ketahuilah 3 Gangguan Menstruasi Pada Perempuan

August 15, 2018

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Sebagai perempuan, tentunya kita tidak asing dengan yang namanya menstruasi. Bahkan dalam agama Islam, pengetahuan tentang haid ini wajib diketahui oleh semua orang karena sangat berhubungan dengan bersuci dari hadast besar dan lainnya.


Datang bulan atau menstruasi adalah siklus rutinan pada perempuan yang sudah akil balig sampai dengan umur 40 hingga 50 tahunan. Perempuan akan mengalami pendarahan pada vagina selama kira-kira 2 sampai 7 hari. Akan tetapi, ada juga yang mengalami menstruasi yang lebih lama dari itu. Hal tersebut terjadi satu bulan satu kali.

Pixabay

Akan tetapi, terkadang perempuan ada yang mengalami gangguan menstruasi sehingga jadwal bulanan haidnya tidak teratur. Ada banyak sekali penyebab gangguan menstruasi pada perempuan, di mana setiap perempuan perlu mengetahuinya agar bisa mengetahui cara penanggulangannya. Berikut ini akan Kami paparkan beberapa penyebab haid tidak lancar.

1. Gangguan Menstruasi Akibat Stres
Stres pada perempuan pada dasarnya memiliki dampak yang cukup serius terhadap gangguan menstruasinya. Hal ini terjadi karena bagian hormon yang terdapat pada otak yaitu yang bernama hypothalamus merupakan hormon yang mengatur masa periode haid perempuan. Maka dari itu, ketika seseorang mengalami stres tentu saja akan berdampak pada ketidaklancaran haidnya. Jadi, hindari stres agar haidmu senantiasa lancar setiap bulannya dengan melakukan berbagai aktifitas.

2. Tiroid
Penyebab haid yang tidak lancar adalah salah satu kondisi yang bisa saja terjadi karena disebabkan oleh gangguan pada kelenjar tiroidmu. Kelenjar tiroid yang terdapat pada bagian leher, berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Kelenjar tersebut sangat penting sekali karena juga dapat dapat berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lainnya agar dapat berjalan semestinya. Namun, jika terjadi ketidakseimbangan pada kelenjar tersebut, maka akan berpengaruh pada jadwal haid perempuan.

3. Penurunan Berat Badan yang Drastis
Untuk kamu yang saat ini sedang dalam program diet atau menurunkan berat badan, usahakan untuk tidak menurunkannya secara drastis sebagai tips lancar datang bulan. Hal tersebut dikarenakan penurunan berat badan yang drastis dapat menyebabkan jadwal haid yang tidak teratur pada setiap orang bahkan kamu bisa saja terkena anoreksia atau bulimia. Maka dari itu, pilihlah metode diet yang benar-benar tepat agar kesehatanmu tetap terjaga selalu.

Nah kalau kalian ada masalah menstruasi juga? Sudah diketahui penyebabnya? Tetap jaga kesehatan ya!

Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

1 komentar

  1. sebagai perempuan, gangguan2 menstruasi ini memang harus diketahui ya...

    ReplyDelete