Sebagai Hunian atau Investasi, Rumah di Bandung Sama Menariknya

May 07, 2019

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

rumah-di-bandung

Membeli rumah di Bandung kini tak hanya dilakukan oleh warga kota ini saja, tapi juga pendatang, termasuk dari Jakarta. Hal ini karena sebagai kota besar, harga rumah di Bandung masih cenderung relatif murah dibanding Jakarta. Tapi tentu saja ada alasan lainnya yang jadi daya tarik Bandung.

Mulai dari infrastruktur yang berkembang pesat, bahkan sejumlah proyek tengah dirancang untuk membuat Bandung semakin mudah diakses terutama dari Jakarta. Belum lagi banyaknya destinasi wisata, ditambah kondisi lingkungan yang asri dan nyaman. Masih banyak lho pilihan rumah di beberapa kawasan di Bandung yang menyuguhkan view berupa pemandangan yang menarik dengan udara sejuk. Tak heran sih, karena kota ini memang dikelilingi oleh pegunungan.

Pendatang ke Kota Bandung yang mencari hunian, juga banyak berasal dari kalangan mahasiswa. Maklum, kota ini memiliki sejumlah universitas unggulan di Indonesia, seperti ITB dan Unpad. Bagaimana? Tertarik untuk mencari rumah di Bandung?

Rumah-di-bandung-harga

Sebagai gambaran bagimu, berikut beberapa contoh harga rumah di Bandung yang ada di listing properti www.99.co/id:

Sebuah rumah di Bandung Timur yang berada di Perumahan Serenity di kawasan Cileunyi dijual seharga Rp 500 juta-an untuk yang satu lantai, dan sekitar Rp 700 juta untuk hunian dua lantai. Dengan booking fee Rp 5 juta ditambah uang muka (DP) Rp 15juta hingga Rp 20juta, kamu bisa memiliki hunian tipe 47/88 yang terdiri dari 2 kamar tidur, kamar mandi dan tipe 66/79 yang terdiri dari 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi. Selain itu rumah ini dilengkapi juga dengan garasi dan carport serta dijual dalam kondisi full furnished.

Contoh harga rumah di Bandung Timur lainnya ada di kawasan Ujung Berung, yakni di Komplek Griya Winaya yang dibanderol seharga Rp 385 juta. Karena berada di komplek perumahan, di sini ada keamanan 24 jam, selain itu lokasinya dekat ke pasar tradisional, pusat perbelanjaan hingga ke alun-alun. Spesifikasi rumah yang ditawarkan ini luasnya 98m2 dengan 2 kamar tidur dan kamar mandi serta garasi dan didukung daya listrik 1300W.

Selain contoh di atas, untukmu yang mencari rumah di Bandung murah lainnya bisa coba ke kawasan Padalarang yang ditawarkan senilai Rp 333 juta, dan DP hanya sebesar Rp 20 juta. Hunian ini berada dekat ke Kota Baru Parahyangan dan Exit Tol Padalarang, serta ke Sekolah BPK Penabur, Supermarket dan RS Cahya Kawaluyaan. Spesifikasi hunian baru ini di antaranya berluas 33m2 dengan 2 kamar tidur dan kamar mandi serta layanan keamanan 24 jam dilengkapi one gate system.

Kalau di Bandung Selatan kamu bisa dapat rumah dengan harga lebih murah lagi. Salah satunya yang ada di Bumi Cijati Asri, kawasan Baleendah dengan harga Rp 250 juta dengan booking fee hanya sebesar Rp 500 ribu. Rumah tipe 36/60 ini memiliki 2 kamar tidur, kamar mandi, ruang keluarga, dapur, carport dan taman dan dijual dalam kondisi semi furnished

Ada pula rumah tipe 36 di Grand Cendana Residence, Lebakwangi, Banjaran, yang dijual seharga Rp 225 juta saja. Berada di kawasan perumahan yang memiliki ruang terbuka hijau serta dilengkapi dengan tempat ibadah, dan kawasan komersial (ruko) juga layanan keamanan 24 jam. Rumahnya sendiri memiliki 2 kamar tidur dan kamar mandi, dapur serta carport, dengan daya listrik 1300W dan sumber air sumur artesis. Lokasinya sendiri dekat ke jalan besar, dan juga mudah menjangkau transportasi umum, serta memiliki akses yang mudah ke sekolah, rumah sakit, supermaket, bank hingga alun-alun, termasuk juga ke Gerbang Tol Moh Toha. Tak kalah menarik dekat pula ke kawasan wisata Banjaran dan Ciwidey, seperti Kawah Putih, Gunung Puntang, Situ Patenggang, Kebun Teh Ranca Bali dan sebagainya.

Ingin Sewa Rumah di Bandung, Cek Cara Mudahnya di Sini!

sewa-rumah-di-bandung

Untukmu yang belum bisa membeli rumah, tentunya ada pilihan lain yakni dengan menyewa. Di kota besar seperti Bandung, tentu saja ada banyak pilihan hunian yang bisa kamu pertimbangkan untuk disewa. Namun sebelum kamu sewa rumah di Bandung, tentunya ada beberapa pertimbangan yang perlu dipikirkan dengan matang sebelum menentukan pilihan. Apalagi kalau kamu sudah berkeluarga, menentukan tempat tinggal tentu harus lebih cermat lagi, karena akan repot kalau kamu tidak cocok dan harus pindah lagi memboyong keluarga. 

Nah untuk memudahkan, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih rumah kontrakan di Bandung atapun di tempat lain:
  • Yang pertama adalah memilih rumah yang tidak begitu jauh dari tempat kerja, karena ini merupakan pusat aktivitas keseharianmu, jadi ini nantinya juga tentu akan berpengaruh pada biaya transportasi dan sebagainya.
  • Semakin mudah akses tempat kerja dari rumah, maka kaau akan lebih menghemat biaya dan waktu juga tentunya.
  • Kalau misalnya kamu dan pasangan sama-sama bekerja, maka sebaiknya cari rumah yang lokasinya berada di tengah-tengah. Pastikan juga akses transportasinya memadai ya.
  • Selain akses dan lokasi, perhatikan pula lingkungan yang bersih dan tentunya nyaman, serta aman dari bencana alam maupun tindak kriminalitas. Kalau bisa yang memiliki sistem keamanan yang baik.
  • Dan tentunya tak kalah penting adalah kondisi bangunan rumah.
  • Pastikan masih layak huni, jika ada yang harus diperbaiki diskusikan dengan pemilik, terkait biaya perbaikan dan sebagainya. 
  • Pastikan pula sirkulasi udara dan pencahayaannya baik, karena kalau tidak, rumah bisa saja lembab yang akan berdampak buruk pada kesehatan.
  • Untuk ukuran dan spefisifikasi lainnya sesuaikan dengan kebutuhan saja. Tak perlu menyewa rumah dengan ukuran besar atau kamar yang banyak kalau kamu hanya tinggal berdua dengan pasangan.
  • Yang jelas sesuaikan juga dengan budget juga. Hal yang paling penting tentunya adalah kenyamanan dibanding tampilan yang mewah dan sebagainya.
  • Bicara budget juga perlu diperhatikan sistem pembayarannya ya.
  • Karena sewa rumah di Bandung dan di banyak tempat lainnya memberlakukan sistem bulanan atau tahunan.
  • Kalau kamu baru pertama kai, sebaiknya pilih yang bulanan saja. Untuk mengantisipasi jika kamu ternyata merasa tidak nyaman, sehingga sewaktu-waktu bisa pindah.


Peluang Usaha Menarik, Yuk, Coba Bisnis Kontrakan Rumah di Bandung!

bisnis-kontrakan-rumah-di-bandung

Bagimu yang ingin mencoba bisnis properti misalnya dengan menyediakan kontrakan rumah di Bandung. Pada dasarnya, ini sama saja dengan bisnis pada umumnya di mana perlu ada strategi tertentu agar tidak berakhir dengan kerugian.

Tapi bagaimana pun, bisnis properti merupakan satu bentuk bisnis yang menjanjikan, seperti yang dikutip dari wartaekonomi.co.id. Apalagi kalau lokasi rumah yang kamu sewakan strategis, nilai sewa ataupun jualnya bisa berkali lipat lho. Sebagai panduan agar memudahkan kamu dalam memulai bisnis ini, berikut beberapa hal yang bisa diperhatikan:

1. Tarif sewa sesuai pasaran

Ya, ini perlu dipertimbangkan dan jangan sampai kamu mematok tarif di atas pasaran. Sehingga perlu dilakukan survei lebih dulu. Kalau ingin cara mudahnya, kamu bisa gunakan rumus harga properti x capitalization rate (biasanya rata-rata 3-5% per tahun). 

Jadi contohnya begini :
Kalau harga propertimu 1 miliar, maka dengan rumus di atas, jadinya 5% x Rp 1 miliar, jadi per tahun tarif sewa adalah Rp 50 juta. Tapi sekali lagi, ini tentu kamu perlu komparasi lagi dengan pasaran properti di kawasan tersebut. Bisa juga disesuaikan dengan fasilitas yang ada dan tentu saja lokasi rumah, seperti yang dibahas sebelumnya.

2. Pastikan kondisi rumah dan sediakan fasilitas

Ini tentu terkait dengan daya tarik dari produk propertimu. Kalau kondisinya bersih, nyaman dan rapi tentu akan membuat banyak orang tertarik.  Ditambah lagi jika ada fasilitas seperti AC, internet dan TV Kabel. Tentunya ini akan jadi daya tarik lebih bagi kontrakanmu. Kalau perlu desain juga rumah kontrakan agar terlihat semakin menarik ya.

3. Buat kesepakatan dengan surat perjanjian

Ini bertujuan untuk secara jelas merinci hak dan kewajiban antara penyewa dan kamu sebagai pemilik properti. Dengan aturan yang jelas dan tertulis seperti ini bisa meminimalisir kesalahpahaman di kemudian hari. Oya, dalam hal ini jangan lupa juga untuk meminta data diri penyewa, misalnya seperti kartu identitas dan sebagainya. Dengan kamu mengetahui asal usul dari penyewa, tentu kamu bisa mengantisipasi sejak awal apakah penyewa akan menyalahgunakan tempatmu.

Itu dia hal menarik yang perlu kamu ketahui seputar rumah di Bandung. Semoga informasinya bermanfaat ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

14 komentar

  1. Whuaaaa Banduuuung!!! Aku jg pernah ada niatan buat punya rumah di sini sih, dan kalau untuk bisnis kontrakan perlu survey yg mendalam dan lama ya :3 but surat perjanjian is a must tuh~

    ReplyDelete
  2. Waaah! informasi yang sangat bermanfaat nih, kebetulan kakakku tinggal di Lembang dan ingin beli rumah di Bandung, kukasih postingan ini ah biar jadi gambaran.

    ReplyDelete
  3. Bisnis properti memang menjanjikan, karen di zaman now kepemilikan sebuah properti bisa mendatangkan utnung berkali lipat.

    ReplyDelete
  4. Mencari rumah seperti mencari pasangan hidup. harus banyak kecocokan, soalnya bakalan jadi tempat tinggal. harus nyaman dan cocok, kalau ngga pas bisa bikin ngga betah dan malah nyari rumah lagi. habis waktu dan biaya. kalau sudah ada aplikasinya pasti lebih mudah

    ReplyDelete
  5. Iyah, Bandung sekarang makin padat, banyak perumahan baru dibangun, tapi memang tinggal di bandung teh nyaman karena fasilitas udah lengkap, kuliner banyak dan enak-enak

    ReplyDelete
  6. Bandung sih kota yang paling rame dikunjungin oleh beberapa orang karena banyak sekali kuliner serta wisata alam yg bisa di explore. Kalo misalkan punya uang banyak sih bisa tuh beli apartement atau hunian rumah untuk disewakan lumayan bgt nambah penghasilan

    ReplyDelete
  7. Rumah mmg skrg bukan hanya dibeli sbg tempat tinggal, tp jg bs dijadikan alat investasi. Mau bgt beli rumah di bandung dg lokasi strategis biar bs jadi alat passive income. Hehe

    ReplyDelete
  8. Bandung makin marak tawaran properti rumah ya yg di atas bukit gitu, entah tapi aslik bikin mupeng pingin beli satu haha... investasi ya.... viewnya dan alamnya lbh dingin dr jkt hehe

    ReplyDelete
  9. Meskipun saya tinggal di Kabupaten Bandung, tapi kepengen juga punya rumah di daerah kota Bandungnya, karena memang punya rumah di Bandung nya itu bisa banget untuk dijadiin hunian nyaman ataupun investasi :D

    ReplyDelete
  10. Ayo Jiaa...
    Main lagi ke Bandung.

    Btw,
    Properti di Bandung memang relatif lebih terjangkau bila dibandingkan Jekarda, tapi yaa...namanya harga, terus merangkak naik.
    Semoga rejeki juga ikutan naik dan bisa investasi properti di Bandung.

    ReplyDelete
  11. Psstinya bisnis yang menjanjikan banget kalau punya kontrakan di Bandung. Aku dr dulu tu pengen jg punya rmh di bandung yang bisa dikontrakin gtu mbak... Potensinya besar ya...

    ReplyDelete
  12. duh jadi pengen beli rumah di bandung deh, tapi cuma buat liburan aja kalo lagi ke sana hihi, semoga ada rezekinya yaaa

    ReplyDelete
  13. Aku malah terpikirkan untuk jalan-jalan di Bandung mbak
    pengen tahu begimana atmosfir Bandung ihihi
    Benar-benar harus selektif beli hunian di manapun tempatnya yah mbak ^_^
    Maacih sharingnya mbak ^_^

    ReplyDelete
  14. Wah iya tuh, Bandung banyak perantau kebanyakan mahasiswa mulai yang tingkat kursus sampai jenjang S2 dan Dokter..

    Sewa rumah aja mahal katanya ya.., apalagi kalau dekat dengan fasilitas semacam kampus dan lainnya.

    Tapi pengen juga nih jalan2 ke Bandung jadinya ..hehehe

    ReplyDelete