5 Manfaat Lemon Untuk Kecantikan

March 18, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim.... 

Kamu suka lemon? Kenapa? Tahu tidak, apa manfaat lemon?  

Dalam kehidupan sehari-hari, hampir setiap saat kita menggunakan atau makan makanan dengan rasa dan bahan dari lemon. Kadang buat minum, campuran kue, marinasi ikan dan daging, bahkan untuk produk kecantikan juga kesehatan. Seperti sekarang ini, minum lemon dicampur jahe dan madu sangat baik untuk menambah stamina. Apalagi cuaca mulai masuk pancaroba, batuk pilek datang melanda. Eh ini malah ada Corono. Yuk mari tetap jaga kesehatan! 

Sitrun, limau atau lemon ini sejenis jeruk dan paling cocok tumbuh di daerah beriklim tropis seperti Indonesia dan sub-tropis. Sayangnya, dia tidak tahan dengan cuaca dingin. Lemon ini mengandung banyak nutrisi, mulai dari serat, karbohidrat, protein, mineral (seperti kalsium, kalium, dan magnesium), vitamin C, sampai antioksidan. Selain menambah stamina dan sistem imun, lemon juga bagus buat diet. Sekarang ini, saya akan memberitahu 5 manfaat lemon untuk kecantikan.

manfaat lemon

Angkat Sel Kulit Mati
Pernah tidak waktu sedang membersihkan wajah, kulit mati muncul banyak bahkan sampai jadi daki yang menumpuk? Wah, enggak banget ini! Dengan kandungan asam Sitrat dalam lemon, sangat bermanfaat buat media eksfoliasi alami yang ampuh angkat sel kulit mati. 

Membuat Kulit Lebih Cerah
Kalau dakinya sudah hilang, Vitamin C dan Asam Sitrat dari lemon ini bisa banget buat mencerahkan kulit. Jadi makin bersinar deh! Apalagi ditambah hati yang bahagia. 

Menghilangkan Jerawat dan Mengatasi Komedo
Daki sudah hilang, kulit lebih cerah, eh kok jerawat dan komedo masih ada saja? Tenang, karena kandungan antibakteri dan antijamur pada lemon, bisa jadi alternatif buat hilangin itu komedo dan jerawat. Poin plusnya, bisa menyamarkan bintik hitam dan bekas luka. 

Mengatasi Minyak Berlebih
Masalah jerawat itu erat kaitannya dengan wajah berminyak. Sekalian juga pakai lemon karena bantu ngurangi minyak pada wajah dan cegah produksi sebum berlebih yang muncul di pori-pori kulit 

Menghilangkan Ketombe
Saya juga punya masalah soal ketombe. Akhirnya pakai lemon juga karena asam sitrat dan antimikrobanya bantu hilangkan jamur yang jadi penyebab ketombe. 

manfaat lemon untuk kecantikan

Cara pakai lemon untuk kecantikan ini biasanya saya langsung pakai di wajah. Iris tipis lalu oles gitu deh. Jika punya bekas jerawat, harap mempersiapkan diri karena bakal perih banget! Tapi setelahnya akan terasa segar. Untuk menghilangkan ketombe, bisa dicampur dengan lidah buaya, madu atau baking soda. 

Tapi kalau merasa sayang pakai lemon secara langsung, tenang saja! Sekarang ini banyak produk kecantikan yang mengandung lemon mulai dari pembersih wajah, shampoo, juga sabun mandi. Sari lemon yang terkandung enggak kalah bagusnya dengan buah aslinya. Tetap bisa melindungi kulit dari kuman, membersihkan kulit, dan pastinya memberikan kesegaran. 

Dan kalau kita sudah pakai produk yang mengandung lemon, kita bisa memanfaatkan buah ini untuk minuman hangat, dibuat jus, atau infused water. Semuanya segar dan kaya manfaat tentunya. Kita jadi makin sehat dan juga cantik. 

Jika kamu memilih diet menggunakan lemon karena antioksidan polifenol yang ditemukan di dalamnya secara signifikan bisa ngurangi obesitas, maka harus tetap bijak. Saat berat badan sudah turun, kurangi konsumsi lemonnya dan minum secara normal. 

Sebenarnya masih banyak manfaat dari lemon seperti membantu sistem pencernaan, menyegarkan napas, bahkan mencegah batu ginjal. Tetap ya mengonsumsinya harus dibarengi nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan sehari-hari hanya minum lemon saja. Kasihan nanti lambungnya. 

Sudahkah kalian setiap hari minum lemon? Perubahan apa yang sudah terjadi? Share cerita kalian ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

2 komentar

  1. makasih infonya, memang betul sudah bnayak terbukti

    ReplyDelete
  2. Aku juga suka beli lemon untuk emakku. Soalnya emakku lagi diet. Kalau aku suka minum es lemon karena rasanya segar.

    ReplyDelete