Hair Mask dan Hal-Hal Ini Belum Saya Lakukan Pada Rambut

September 25, 2020

Bismillaahirrahmaanirrahiim....

Kamu suka melakukan apa pada rambutmu? Lurusin? Warnain? Butuh perawatan? Sudah tahu apa manfaat hair mask  dan perawatan lainnya? 

Setiap orang pasti mendambakan punya rambut yang sehat dan cantik. Cantiknya itu bisa dari warnanya juga bentuk atau gayanya. Untuk bergaya, kita bisa melakukan banyak hal. Tapi ya itu, kudu hati-hati karena bisa berpotensi bikin rambut rusak. 

Dulu ketika punya rambut panjang, saya pernah melakukan hal-hal absurd. Seperti mengeriting rambut dengan bantuan batang daun randu atau batang daun ketela pohon. Saya juga menyasak rambut lalu memutarnya di sisir hingga tidak bisa terlepas. Akhirnya saya memotongnya tanpa sepengetahuan Ibu. Kalau dipikir, apa cuma saya yang melakukan itu? Atau kalian juga? 

Ketika Remaja, saya sering kali memakai hair dryer. Ini masih normal sih ya. Lalu pakai Catokan rambut dan pernah iseng setrika rambut. Betulan pakai setrika baju. Padahal ini seharusnya tidak boleh dilakukan. 

Untuk masalah jepit dan kuncir, saya sering bergaya ketika usia SD. Itu jepit sampai punya macam-macam. Selepas SD karena sekolah pakai kerudung, saya lebih santun. Paling kepang atau jepit biasa. Ketika dewasa malah sering gelung atau cepol karena itu yang paling simpel yang bisa saya lakukan. Apalagi saat mulai mengalami masa Jarang Sisiran

Akhir Agustus kemarin saya akhirnya memutuskan potong rambut setelah sekian lama. Biasanya hanya memangkas bagian bawah untuk membuang cabang, kali itu berbeda. Saya ganti gaya dengan potongan pendek meski tetap bisa dikuncir. Setelahnya, saya jadi berpikir, apa saja sih yang belum saya lakukan pada rambut?

manfaat hair mask dan perawatan rambut lainnya

  • Meluruskan Rambut
Seingat saya, dulu itu saya punya rambut berombak. Entah kenapa berjalannya waktu, ombaknya tambah dan jadi mengeriting besar. Niat ngelurusin rambut? Oh saya tidak punya pikiran itu. Rasanya sayang saja jika rebonding atau smoothing tapi sayanya saat bepergian pakai kerudung. Sekarang saya cukup nyaman punya rambut pendek meski tidak lurus. 

  • Mewarnai Rambut
Sebelum memotong rambut, saya terpikir untuk mewarnai rambut. Sebagian saja sih, bukan semuanya. Entah bagian bawah saja atau bagian luarnya saja. Setelah masuk salon, saya tanya-tanya soal pewarnaan rambut yang ternyata lumayan juga harganya apalagi rambut saya tergolong tebal. Sebenarnya bisa sih warnain sendiri. Tapi tunggu nanti deh kalau tidak sibuk. Hanya warna saja ya bukan bleaching

  • Creambath dan Hair Spa
Selama ini saya hanya memakai perawatan rambut simpel seperti keramas, pakai kondisioner atau vitamin. Ada yang menyarankan untuk sesekali melakukan Creambath karena krimnya itu terbuat dari buah-buahan atau sayuran yang kaya vitamin dan mineral. Bisa juga melakukan Hair Spa untuk menutrisi rambut yang mengatasi masalah kering, berminyak, atau kaku. Sebenarnya hal ini bisa kita lakukan di rumah apalagi sedang masa pandemi seperti ini. Lain waktu bisa dicoba. 

  • Hair Mask
Karena bisa dibilang jarang menggunakan alat styling rambut, atau mengubah tekstur rambut baik meluruskan, mengeriting atau mewarnai, saya belum pernah melakukan Hair Mask. Hair mask itu proses perawatan intensif buat mengatasi masalah rambut rontok dan kondisi parah lainnya. Jika kita melakukan hair mask secara teratur, kelembapan dan tekstur rambut bisa kembali tebal. Oh iya, hair mask enggak pakai teknik pijat kulit biar rambut tidak semakin rontok. 

Well, kurang lebih itu yang belum saya lakukan pada rambut. Kalau kalian sudah melakukan apa saja pada mahkota kita? Jangan lupa tetap jaga kesehatannya ya! Sampai jumpa. Happy blogging!

You Might Also Like

24 komentar

  1. Sebelum berhijab saya kenyang mewarnai rambut, nyatok, blow, dan lebih ngerawat rambut. Ditambah keluargaku kerja di salon semua. Ahaha. Kadang creambath dan hairmask gratis. Semenjak berhijab catokan aku kasih orang, tapi tetep pengen diwarnain juga rambutnya biar kalau di rumah diliat suami tetep kece 🤭

    ReplyDelete
  2. Aku belum pernah meluruskan, mewarnai rambut dan hair mask. Jadi yang cocok untuk perawatan rambut rontok itu hair mask ya. Hair spa pernah coba sekali dan creambath pernah sih tapi bisa diitung jari, cuma 5 kali selama ini.

    ReplyDelete
  3. Jika kita melakukan hair mask secara teratur, kelembapan dan tekstur rambut bisa kembali tebal?

    Apa masih bisa ya untuk seusia saya yang sudah di atas 45? Saya erlu coba kalau masih bisa, Jiah. Soalnya belum pernah lakukan hair mask.

    ReplyDelete
  4. Waktu belum berhijab, saya lumayan sering ngelurusin rambut. Apalagi diwarnai termasuk yang rutin. Tetapi, rutin perawatan juga karena gak pengen rambut jadi rusak

    ReplyDelete
  5. saya jarang ke salon mba, setahun sekali potong rambut doank hahaa sisanya ga pernah perawatan macam2, paling sekedar shampoo-an doank :)

    ReplyDelete
  6. saya dianjurkan salon untuk rutin hair mask. tapi masih males2an. rambut saya memang rontok

    ReplyDelete
  7. mbaaaa.. ku selamat pandemik udah mewarnai rambut sendiri bahkan motong rambut sendiri. hahaha. warnai rambut ternyata mudah diterapkan sendiri. beli sasetan di minimarket. yang rumit motong rambut sendiri. tapi hasilnya bikin hepi.

    ayo coba hair masknya. enaaaaaaaaa banget setelah dilakukan.. hihihi..

    ReplyDelete
  8. Wkwkwkwk, samaaaa
    Soale udah jilbaban, jadi kadang ngga care ama rambut.
    Mau coba juga aahh, semoga rambutku jadi better

    ReplyDelete
  9. Saya sudah lama juga nggak potong rambut n mewarnai. Biasanya dulu pakai warna2 gelap sih..maroon, coklat tua sampai yg paling sering sih burgundy. Potongan juga seringnya pendek. Entah kenapa akhir2 ini lagi suka panjang..lumayan dah nyampai tengah punggung ujungnya. Hihi..

    ReplyDelete
  10. waktu gadis saya rutin crembath dan hair mask, tapi pas udah nikah bye bye hehehe pengen sih rutinin lagi tapi pengen dirumah aja perawatannya

    ReplyDelete
  11. Ya ampun aku pikir selama hair mask itu sama dengan creambath ya? Ternyata beda ya?

    ReplyDelete
  12. ada masa di mana aku lumayan rajin pakai hair mask dan vitamin mba. Dan sekarang rambutku pendek bangeet

    ReplyDelete
  13. aku termasuk orang yang sering gonta ganti warna rambut dan bikin rambut jadi rusak huhuhu, hair mask udah paling wajib sih buat aku, buat mengurangi kerusakan rambut hehe

    ReplyDelete
  14. Kalau saya pribadi sejauh ini seringnya untuk perawatan pribadi ya pakai conditioner aja. Tetapi kalau pas kesalon treatmentnya berbeda dan lebih lengkap, sayangnya udah lama juga ya ga ke salon karena corona ini.

    ReplyDelete
  15. Dulu saya rajin ngoprek rambut saya nih sampai pernah di rebonding segala hehe..sekarang mah sudah tua jadi tinggal merawatnya aja biar tetap sehat ya...:D

    ReplyDelete
  16. sama kak, saya juga jarang banget sisiran, padahal kalau udah nyisir enak banget yaa. kepala kayak dipijit gitu dan rambut jadi rapi

    ReplyDelete
  17. Aku dulu pernah lurusin rambut mba. Skaranv jarang sisiran rambut kenapa makin lurus 😀😄

    ReplyDelete
  18. Saya tuh kalau gak ke salon, urusan perawatan rambutnya yaa terbatas di pakai shampoo doang. Pakai conditioner aja kadang males. wkwkwk

    ReplyDelete
  19. Dulu sempet pengen mewarnai rambut tapi nggak jadi hahaha eman-eman kalo rusak. Tapi kalau Creambat ama hair mask dulu rajin. Pas udah nikah jarangm udah sibuk sama gawean rumah

    ReplyDelete
  20. Aku memang jarang mewarnai rambut sih, teraakhir sih bulan kemarin, kalau creambat sih lumayan agak sering. Di masa pandemi ini memang belum lagi creambat apalaggi hair mask, semoga ke depan bisa rutin deh hehehe

    ReplyDelete
  21. Rambutnya Jiah panjang yaa....jadinya rajin banget.
    Akutu uda paling pas rambut pendek, hahhaa...soalnya tipis dan rontok.
    Rasanya enak banget rambut pasti abis di kasih perawatan lengkap,terutama hair mask.

    ReplyDelete
  22. Kalau rambut paling di creambath dan di spa mbak. Belum pernah diapa2kan kecuali motong rambut kalau udah panjang banget.

    ReplyDelete
  23. Aku juga belum pernah tuh mewarnai rambutku, walaupun sekarang sudah mulai banyak ubannya hahaha

    ReplyDelete
  24. dari kecil sebenarnya rambut aku lurus, waktu SMP aku kurang kerjaan, rambut digulung gulung pake roll, lahh kok sejak itu jadi ikal.
    aku nggak ngerti ikal itu sebenarnya alami atau karena pengaruh di-roll aja
    kalau di roll kok kayaknya ga mungkin bertahan sampe sekarang, jadi hanya rambut bagian bawah yang ikal. kayak keriting gantung.
    biasanya perawatan rambut aku hair mask yang kadang ga rutin, katanya efektif mengurangi kerontokan, tapi ya tetep masih ada rontok rontoknya juga

    ReplyDelete