Jiah My Id

The Power of Anak Kampung

Powered by Blogger.

Ekosistem Digital blu By BCA Digital

Di zaman digital dan semua serba canggih, siapa yang masih kesulitan dalam hitung-hitungan dan mencatat keuangan?

Kalau dipikir lucu juga sih. Dulu zaman sekolah itu, saya suka Matematika. Sejak bekerja, kok ya habis gajian duit entah ke mana. Bukan maksudnya pelit. Maunya coba hitung-hitungan sih biar tahu di mana letak kebocorannya. Sebenarnya banyak aplikasi yang bisa membantu. Namun jika tabungan ditambah bisa menghitung pengeluaran, pemasukan dan keuangan lainnya, bukankah itu lebih praktis? Nah pas banget karena saya mau review aplikasi blu.

Di bulan Juni lalu, saya sempat ganti kartu ATM di Bank BCA. Sekarang makin canggih karena sudah ada mesin cetaknya sendiri, tapi bukan itu yang mau saya ceritakan. Yuk kita mulai ngomongin Ekosistem digital blu aplikasi mobile banking dari BCA Digital.

ekosistem digital blu

Sekarang ini zaman sudah serba digital. Mau makan, tidur, cari pekerjaan, digital marketing, semua bisa dipesan lewat jaringan internet. Makanya nih, perbankan juga melakukan digitalisasi produknya. Termasuk Bank BCA. Bank ini enggak ganti kok, dia tetap kokoh. Nah ekosistem digital blu ini merupakan anak perusahaan Bank BCA tepatnya aplikasi blu by BCA Digital. Jika bank BCA punya kantor, maka BCA Digital tidak. Semua serba digital, terhubung dalam satu aplikasi.

Perbankan digital memang masih baru dan agak asing apalagi buat saya yang tinggal di desa. Namun adanya ekosistem digital blu malah bisa membantu banyak orang untuk menabung. Kita juga bisa bikin pos tabungan dan lainnya. Ibarat kata, blu adalah platform perbankan next-generation di mana kita bisa mengatur keuangan sendiri tanpa drama. Cocok banget buat Milenial.

Yuk langsung saja kita review aplikasi blu. Pertama tentunya kita harus Download aplikasi blu. Lalu siapkan dokumen yaitu E-KTP dan NPWP (opsional). Jangan lupa untuk berada di tempat terang dengan koneksi internet yang cukup lancar. Setelah terinstall, mari mulai langkah-langkahnya:

download aplikasi blu

  • Masukan nomor ponsel untuk pengiriman kode OTP
  • Masukan e-mail. Kode referral bisa diisi, atau dikosongkan saja. Ini kode saya silakan dipakai PUJIA0AEW
  • Siapkan E-KTP untuk difoto. Jangan khawatir karena jelek atau buram, masih bisa terbaca
  • Swafoto. Muka saja ya. Baiknya masker, kacamata dan lainnya dibuka dulu
  • Foto NPWP jika ada. Jika tidak, ya tak masalah
  • Apakah kamu nasabah BCA? Saya sih jawab iya. Namun jika tidak, pilih bukan nasabah. Karena saya nasabah, maka akan ada verifikasi dan diminta nomor ATM
  • Isi data pekerjaan. Data ini diperlukan karena sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia
  • Lalu konfirmasi semua data. Sudah benar atau tidak
  • Terakhir, verifikasi data dengan menghubungi haloblu. Video call ini juga tidak memakan waktu lama sih
  • Tunggu beberapa saat, dan jadi deh rekening blu kita
  • Jangan lupa untuk verifikasi e-mail juga ya

Review Aplikasi blu by BCA Digital


Oh iya, saya belum cerita soal alasan kenapa menggunakan aplikasi blu by BCA Digital ini. Seperti yang saya bilang di awal bahwa saya suka malas menghitung pengeluaran dan pemasukan. Saya sudah tidak muda lagi dan ada rencana untuk masa depan atau traveling ke Bandung setelah pandemi. Makanya butuh pos tabungan tertentu biar ada greget untuk menabung. Semacam financial goal gitu. Ada 4 layanan blu, di antaranya:

  1. Tabungan di mana bluAccount adalah rekening utamanya
  2. Transaksi, kita bisa bayar atau beli lewat satu aplikasi
  3. Monitor laporan keuangan mulai dari rangkuman portofolio, E-statement bulanan, dan data pendukung laporan SPT
  4. Ekstra, bluRewards bisa bebas biaya transfer antar bank atau biaya top up e-money. Ini cocok buat yang gak rela bayar biaya transfer

review aplikasi blu

Review Jujur Aplikasi blu di mana alasan utama saya adalah soal tabungan. Ada bluAccount sebagai rekening utama kita. Lalu bluSaving, bluGether dan bluDeposit. Nah bluSaving ini yang paling saya suka karena bisa bikin 10 tabungan dalam 1 bluAccount. Misal kita mau nyisihin anggaran buat beli rumah, pendidikan, hadiah, liburan, dan lainnya. Tinggal masukin pos-pos yang kita mau.

Alasan kedua adalah monitor data pendukung laporan SPT. Tahun ini saya baru membuat NPWP. Sebenarnya dulu sudah ikut pertemuan di kantor pajak, tapi ya kalau belum praktik sendiri rasanya kurang afdal. Kalau sudah ada perhitungannya, kan jadi lebih mudah.

Karena memang baru install blu, belum banyak hal yang saya jelajahi. Namun waktu pendaftaran, video call, sampai rekening jadi, tidak ada kendala yang berarti. Masalah jaringan saja sih sampai beberapa kali untuk login. Selebihnya aman. Waktu coba top up juga langsung ada laporan. Tinggal coba yang lain termasuk bikin bluSaving. Begitulah review jujur Aplikasi blu dari saya. Oh iya, kita bisa setor uang dari Online Banking, ATM Prima, ATM Bersama. Untuk tarik tunai, lebih gampang lewat ATM BCA. Semua transaksi tanpa kartu hanya dengan aplikasi.

It's blu Day, Mulai Langkahmu


its blu day yang penting lakuin

Saya sempat mengikuti konferensi pers virtual bertajuk It's blu Day Mulai Langkahmu. Beberapa yang hadir antara lain:

  • Lanny Budiati, Direktur utama PT Bank Digital BCA
  • Kusumo Martanto, CEO Blibli.com
  • Duardi Prihandiko, Head of Marketing Communication

Ngobrolnya jelas enggak jauh-jauh dari apa itu blu. BCA Digital memang berniat jadi branchless banking dengan misi memenuhi keinginan nasabah melalui One stop smart solution banking. Selain itu, ada kabar soal blu yang berkolaborasi dengan Blibli.

Blibli jadi exclusive partner pertama blu dalam merealisasikan platform berbasis ekosistem digital. Iya sih soalnya saat ini enggak lagi zamannya berkompetisi. Sekarang adalah era terbaik untuk masing-masing platform digital saling bersinergi. Ada beberapa alasan kenapa blu memilih Blibli:

  1. Blibli dan blu memprioritaskan pelanggan dalam memenuhi kebutuhannya
  2. Blibli dan blu punya segment target serupa yaitu Digital Savvy
  3. Baik Blibli dan blu enggak pernah berhenti berinovasi dalam ngasih pelayanan terbaiknya

Penasaran manfaat apa yang bisa kita dapat jika belanja di Blibli dan membayar dengan blu? Silakan dicoba sendiri ya keseruannya, Karena Kamu Nomor.1. Ke depannya, tidak menutup kemungkinan blu akan berkolaborasi juga dengan banyak partner, merchant, mesin, dan orang-orang lainnya. Saat ini saja sudah bisa lho bayar pakai QRIS. Tinggal scan doang. Kita tunggu saja deh gebrabak blu selanjutnya.

Keseruan dari It's blu Day masih ada yaitu #blubuatbaik. Jadi, ini adalah gerakan untuk menjaga lingkungan, menjaga keberlangsungan Bumi. Untuk yang membuka rekening blu di tahun ini, artinya kita sudah ikut berdonasi. Sebagai Eco Blogger Squad, saya suka banget dan tentunya mendukung gerakan #blubuatbaik.

Intinya sih, kita harus berani melangkah untuk merealisasikan mimpi kita. Semua bisa dimulai dari hal kecil. Yang penting dilakuin. Seperti kata Yura Yunita. Rencana hanya jadi wacana jika hanya diam di kepala. Jadi, yuk mulai langkahmu hari ini.

Ekosistem digital blu belum bisa dibilang sempurna, tapi saya percaya bahwa aplikasi ini akan selalu berinovasi. Perlu diingat lagi bahwa blu adalah produk dari BCA Digital, Perusahaan BCA Group yang selalu berinovasi dan ngasih layanan terbaik bagi penggunanya. Lebih tenang lagi karena sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta jadi peserta penjaminan Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).

Mulai langkahmu dengan blu. Enggak ada lagi cerita soal antri lama di bank untuk membuat rekening baru apalagi mengeluh soal biaya admin bulanan. Aplikasi blu tidak terbatas ruang dan waktu dan bisa diakses 24/7, 365 hari dari genggaman tanganmu. Jadi tunggu apalagi? Yuk unduh aplikasi blu lewat Play Store atau App Store.

Sampai jumpa. Happy Blogging!

64 comments

Okti Li said...

Halo Mbak, saya sekarang sudah punya rekening blu by BCA Digital juga lho. Alhamdulillah nih memang saat proses pembuatan rekeningnya gak perlu antri, semuanya cukup kita lakukan dari smartphone yang terkoneksi dengan internet ya. Senangnya...

Jiah Al Jafara said...

Wa, alhamdulillah ya Mbak. Semoga jadi semangat menabung. Buka rekeningnya memang gampang banget sih. Kalau jaringan lancar, gak sampai sejam udah jadi

thya said...

kereeennn.. semua dilakuin secara online ya mulai dari pendaftaran dll. kayaknya aku harus coba juga nih. perlu banget punya rekening BCA soalnya tapi males antri ke bank.. :D

Jalan-Jalan KeNai said...

Hitungan matematika memang beda ma hitungan duit. Makanya saya mending nyelesain soal matematika. Daripada mengatur keuangan hihihi. Tetapi, saya semakin menyadari pentingnya mengurus keuangan dengan baik. Seneng ya sekarang udah ada Blu by BCA digital.

Mechta said...

wow..bebas biaya transfer antar bank ya..mantaab deh. dan ternyata bkn hanya utk nasabah BCA ya.. aih makin tertarik deh..

Lidya Fitrian said...

Suka bocor ya rekeningnya hihihi harus ditambal kalau gitu Jiah. Tapi sekarang sih gampang ya mau ngatur keuangan asalkan ada niat & teratur. Jaman digital gini semua bisa dilakukan dari gadget. lewat aplikasi blu bisa juga ya monitor keuangan. UDah gitu daftar & buka rekening juga praktis lewat online aja

Siti Faridah said...

Kalau aku nggak suka pelajaran matematika. Lebih suka pelajaran Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Praktis banget ya bisa nabung online di aplikasi blu ini.

Inda Chakim said...

Nah kebetulan nih aku pengin punya rekening BCA juga mbak. Alhamdulillah ada blu, jadi aku bisa bikin rekening BCA tanpa harus datang ke kantor BCA langsung. Makasih infonya ya mbak Jieeee

lendyagassi said...

Aku paling gak jago dalam mengatur keuangan niih..
Mau banget cobain BLU dari BCA Digital agar belajar mencatat pengeluaran dan pemasukan dengan benar, sehingga bisa ketauan tuh...latte factornya dimana.

Ida said...

Keren ya inovasi dari BCA ini aku mah baru tahu nih padahal sudah jadi pelanggan BCA sejak jaman dahulu kala hehe... Jadi makin memudahkan yah..

Rach Alida Bahaweres said...

Digital marketing nya kondisinya tepat kalau pandemi seperti ini. Semuanya jadi mudah. Makasih informasinya ya mba

Retno Kusumawardani said...

tosss aku juga paling suka fitur bluSaving. Nabungnya bisa dipisah pisah sesuai kebutuhan...

Kiky | riskysupriati.com said...

Aku salut banget baru launching aja udah sedahsyat ini. Promo dan #blubuatbaik nya superrr.

Emanuella Christianti said...

Nunggu fitur-fitur lain ditambahin ke blu ni, kayanya bakal seru dan aman karena afiliasinya BCA....

Idah Ceris said...

Semakin dihitung, kadang malah makin banyak bocornya ya, mbak. Hahaha. Menarik nih Blu, aku belum punya rekening BCA soalnya. Bisaa bisaaaa

nchie hanie said...

Jaman sekarang makiin dipermudah aja hanya dsam genggaman. Semoga hadirnya blu BCA ini menjadi pilihan untuk kita semua agar bisa mengelola keuangan dengan bijak ya teh.
Apalagi 4 layanannya oke banget, terutama yang ga Rido ada biaya transfer itu loh, lumayan kaan bisa buat nabung lagi buat beli motor eeaaa..
Aku mau kepoin dulu appsnya, meski masih nyaman sama M Banking BCA buat tabungan usaha lain yeuh 😂

Shyntako said...

Wah keren juga ya fiturnya bisa buat monitor keuangan kita yaa lewat aplikasi BLU ini tuh, menarik banget sih, apalagi ga diragukan lagi lah keluaran BCA mah

Susie Ncuss said...

Aku juga udah registrasi dan langsung jatuh cinta sama blu karena fitur bluSaving dong mbak.
Emang beneran keren banget blu ini <3

Uniek Kaswarganti said...

Boleh juga nih, 1 akun bisa untuk buka 10 jenis tabungan ya Ji. Mana buka akunnya mudah banget ya. Praktis, enggak perlu repot-repot lagi.

Indah Nuria Savitri said...

memang kalau di masa sekarang ini harus serba praktis yaaa. mba.. aku juga udah pernah buka tabungan dengan online begini mbaaa

nabilla - bundabiya.com said...

ini keren sih kak.. soalnya dalam satu aplikasi, kita bisa atur cashflow, bisa buka beberapa tabungan, bahkan bisa buka tabungan khusus patungan :D

Pak Eko said...

Ini Bank Keren, walaupun antri panjang selalu lebih cepat dilayani dibanding Bank yang lain. Apalagi sekarang ada Blu akan makin mudah dan flexibel. Inovasi BCA yang luar biasa. Salam sehat, selamat beraktifitas.

Era Wijaya Sapamama said...

Lagi-lagi inovasi dari BCA ya. Kabar baiknya semua orang bisa menggunakan aplikasi ini ya, ngga hanya nasabah BCA. Apalagi kalau bisa transfer ke semua bank secara gratis, bakal jadi idola.

Ade UFi said...

Keren ya terobosan dari BCA nih. Seolah mengerti kebutuhan customer, jadi ga perlu lagi ngantri di kantor BCA. Cukup dr rumah pas masa pandemik begini.

Helenamantra said...

Data pendukung SPT seperti apa ya mba Jiah? Kalau bisa bagi-bagi pos tabungan menarik juga supaya lebih jelas Dan uangnya tidak tercampur dg kebutuhan yg lain

Witri said...

Aplikasi baru nih ya, eh ini nanti noreknya pakai no ponsel apa yankayak norek BCA? Terus perbulan bakal ada potongan enggak sih? Jadi pengen apalagi transfer antar bank gratis...

Jiah Al Jafara said...

Aku belum lihat gimana, Mbak soalnya belum sebulan pakai. Tapi Cash flownya jelas sih. Pos tabungan juga bisa dibuat

Nurul Sufitri said...

Modal smartphone dan internet aja kita udah bisa punya akun menggunakan aplikasi blu by BCA Digital ini ya mbak, keren banget! DI rumah aja atau di manapun berada, simple bener mau nabung, transfer ga pakai biaya macam2, praktisnya bukan main. Jadi kepengen punya juga :D

nchie hanie said...

Yeaaay, makin asik dan nyaman banget niih buat nasabahnyaaa. Dan keren banget bank BCA juga melakukan digitalisasi produknya, yang terhubung dalam 1 aplikasi blu by BCA, banyak banget manfaat dan fitur2nya menarik.
Ahaaa, dipermudah terus di masa pandemi ini, mau buka norek, transaksi dll hanya dlam satu genggaaman by app blu by BCA, mau kepoiin ahh.

tantiamelia.com said...

BCA Digital memang berniat jadi branchless banking dengan misi memenuhi keinginan nasabah melalui One stop smart solution banking dan digital savvy

Andiyani Achmad said...

kalimat ini paling aku suka, "Intinya sih, kita harus berani melangkah untuk merealisasikan mimpi kita. Semua bisa dimulai dari hal kecil. Yang penting dilakuin. Seperti kata Yura Yunita. Rencana hanya jadi wacana jika hanya diam di kepala. Jadi, yuk mulai langkahmu hari ini." bikin semangat pisan

Ayu Natih Widhiarini | natih.net said...

Aku juga udah pakai BCA digital ini dan emng keren dan responsif banget. Aku jadikan sebagai rekening utama untuk nabung. Paling suka sama fitur blugethernya karena bisa nabung bareng tanpa ribet transfer sana sini..

Lina sophy said...

Aplikasi keren ya mbak, semudah itu untuk bikin rekening BCA by blu. Nggak perlu harus ke bank dan antri lama

Dila said...

Kayaknya wajib banget pakai BCA digital, karena banyak customer saya atau teman yang pakai BCA. Udah ada niat buka rekening BCA (sebelum tau aplikasi ini), tapi masih mager ijin keluar di jam kerja.

sitatur rohmah said...

Cara download aplikasi Blu dari BCA mudah ya kak, mempermudah nasabah yang ingin buka rekening tapi gak sempat datang kekantor.
Dengan jenis tabungaan yang disediakan kita bisa pilih yang sesuai dengan keinginan.

Anak Kereta said...

Wah banyak banget ya yang ngereview blu ini. Jadi semakin tertarik bikin mengingat lagi gencar-gencarnya nih digital banking. Apalagi ada promo spesial buat yang mau buka akun blu di Blibli.

yuntango said...

Wah semakin teratrik punya akun blu. Apalagi ada promo kalo buka akun dan belanja di Blibli.

Nathalia DP said...

Seru banget nih fitur-fitur aplikasi bca digital... Jadi pengen bikin...
Saya juga nasabah bank bca, kalau gitu nanti datanya bisa terintegrasi ya?

Diaz Bela said...

Yang aku suka dari fitur blu adalah bluGether. Jadi bisa patungan dengan mudah dan punya perecanaan keuangan yang lebih mudah.

Dwi Puspita said...

Belum download aplikasi sih, tapi membaca artikel teman2 saya tertarik banget. Saya nasabah BCA tapi tau blu ini dari baca artikel teman2 cuzzz ah mau download juga

Ulfah Aulia said...

Respect sama kegiatan satu ini yang blubuat baik gitu, jadi memang bisa buat kita ikut berpartisipasi menjaga lingkungan nih

Hamimeha said...

Bca ini terus berinovasi ya kak mereka pandai membaca peluang melalui kebutuhan di era sekarangn

Layak dia banyak dipakai sebagian besar orang. Termasuk Blu ini tampaknya akan mendapatkan tempat di hati kasyarakat dg segala penawarannya yg wow

Rahma Huda Putranto said...

Suka ni sm blu. Ada menu untuk memilah milah tabungan. Tapi kalau daftar Blu pakai rekening BCA apa bs ya?

Raja Lubis said...

Sudah masuk wishlist, tapi nunggu gebrakan dan promo nya yang menarik. Soalnya saya tertarik buka tabungan digital seperti ini kalau ada promo yang menguntungkan.

Ning! said...

Aku nasabah bank BCA. Dan selama pakai nggak pernah kecewa sama BCA. Pelayanan dan sistemnya selalu bagus. Kayaknya Blu ini patut dicoba.

Fenni Bungsu said...

Insya Allah kedepannya pasti bakal muncul inovasi kerennya Blu. Sekarang aja bisa dikatakan sangat membantu untuk masyarakat guna memiliki tabungan dengan cara yang simple

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com said...

Aku pengen bikin rekening BCA satu lagi tapi males ke bank pas lagi sikon kek gini.
Tabungan digital blu ini bisa jd alternatif nih.
Wah selain bisa untuk menabung ternata juga bisa untuk transaksi2 gtu ya mbak? Semoga nanti fiturnya bisa nambah lagi misal utk investasi gtu

Pak Endek said...

boleh juga ni 1 akun bisa untuk 10 tabungan. cocok banget dah buat yang menyisihkan penghasilan nya untuk tabungan biaya pendidikan dan investasi.

Hafif Rahman said...

tapi aman nggak yah data kita karena foto dengan KTP. soalnya lagi banyak penipuan gitu dengan memanfaatkan foto ini?

HM Zwan said...

Jadi blu ini semacam buku keuangan digital ya mbk. Bisa naruh uang di pos pos yang kita buat, seperti nabung untuk beli rumah, dll. Mantap banget, bisa bikin rekening dari rumah ya, no antri antri club

Rach Alida Bahaweres said...

Jadi pilihan banget untuk bisa buka Tabungan digital walau drumah saja. Ngebantu banget pastinya

Larasatinesa said...

Wow BCA, akhirnya pecah telor juga ngeluarin rekening online. Sebagai nasabah setianya aku mau juga download dan daftar. Jaman kayak gini emang udah paling bener deh jadi generasi cashless yang serba praktis transaksi apa pun cuma dalam satu genggaman.

Dee_Arif said...

senang banget bisa buka rekening di blu by BCA Digital ini
prosesnya mudah dan cepat, uda gitu bisa buka hingga 10 rekening ya mbak

Alfa Kurnia - pojokmungil.com said...

Saya juga pakai aplikasi blu by BCA Digital ini, Mbak. Terbantu banget dengan fitur blusaving. Jadi bisa terpantau nabungnya dan mudah banget bikin pos-pos tabungannya.

Uniek Kaswarganti said...

Yang BCA Digital ini emang ga ada kantornya kan mba. Untuk anak muda pasti lebih seneng yang begini nih. Bikin akunnya mudah, ga perlu keluar rumah sama sekali.

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist said...

Yeay
Bakalan buatin beberapa anggota keluarga nih supaya bisa mudah transfer juga dan bisa sama sama cari tahu soal aplikasi ini

Nia K. Haryanto said...

Keren banget deh blu by BCA Digital ini. Bikinnya gampang karena gak perlu datang ke bank-nya. Cukup dari rumah aja via video call. Gak ngantri dan tetep di rumah aja. Aku Rekomendasiin ke adikku ah. Dia kepengen punya rekening BCA

lendyagassi said...

Impian banget memiliki ini dan itu di masa beberapa tahun kemudian.
Tapi kalau malas menabung yaa...apakabar yaa..?
Dengan bantuan apps blu dari BCA Digital, bisa membantu sedikit demi sedikit langkah kecil yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan impian.

Syaifuddin sayuti said...

Aplikasi blu pas banget hadir di saat pandemi di mana kita meminimalkan interaksi fisik dan menggantinya dengan online. Nabung jadi aman dan nyaman lewat blu

Rani R Tyas said...

Itu tuh berarti kalau kita nasabah BCA, rekeningnya jadi satu atau gimana? atau bikin rekening baru lagi khusus di apps blu?

Cindy Vania said...

menarik banget ya ini memang. karena ga bisa dipungkiri sih semua yg serba digital memang menyenangkan. minim ketemu orang untuk urusan perbankan, ga perlu antre2 :D

Asih Mufisya said...

BCA bikin terobosan menarik yang bikin nyaman buat nasabahnya nih. Cara buat rekeningnya mudah dan aplikasinya juga bermanfaat.

Adriana Dian said...

Aku juga dah nyoba buka rekening di blu. mudah bangeeeetttt. cepet pula. super praktis! Plus masih 0 ruiah juga ya buka tabungan di blu. Happy!

Nyi Penengah said...

Ngepost keuangan gampang ya ini dengan BLU saving, nggak perlu punya banyak rekening ya mbak. Solusi keren ini sih